Selasa, 26 Mei 2020
04 Shawwal 1441 H
Home / Ziswaf / Kondisi Tertekan akan Menurunkan Imun Tubuh
Keadaan darurat selalu memberikan tekanan dampak negatif terhadap kesehatan manusia dengan kondisi tertekan akan menurunkan imun tubuh.

Sharianews.com, Jakarta ~ Penularan virus corona di Indonesia telah menarik perhatian dan keseriusan dari berbagai pihak untuk membantu mengatasi ancaman virus ini.

Peningkatan kasus yang terjadi memerlukan kesiapan Tenaga Kesehatan (nakes), Fasilitas kesehatan (Faskes) serta Rumah Sakit untuk dukungan psikososial bagi masyarakat Setelah World Health Organization (WHO) menetapkan virus corona sebagai pandemi global.

General Manager Human Capital Dompet Dhuafa Maya Sita Darlina mengatakan, keadaan darurat selalu memberikan tekanan dampak negatif terhadap kesehatan manusia dengan kondisi tertekan akan menurunkan imun tubuh. Padahal fisik yang sehat akan mempengaruhi jiwa (psikologis) yang sehat.

“Untuk itu upaya menanggulangi tekanan untuk aspek psikologis dalam wabah pandemi covid ini perlu di ketahui oleh banyak pihak agar tidak semakin menurunkan kualitas hidup kita semua. Dukungan dari komunitas juga perlu disusun agar bisa kerja sama mencegah Covid 19.” Ucap Maya, dalam workshop kesiapan tenaga, fasilitas kesehatan dan dukungan psikososial, yang diselenggarakan Dompet Dhuafa melalui aksi Cekal (Cegah Tangkal), di Gedung Philantrophy, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kegiatan aksi Cekal sendiri telah dimulai dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat umum, terutama tempat ibadah semua agama. Dompet Dhuafa juga aktif mengedukasi masyarakat untuk terus meningkatkan kebersihan serta mencuci tangan dengan metode cuci tangan yang bersih dan benar.

Sehingga, kuman dan bakteri serta virus yang ada di tangan tidak akan masuk tubuh. Dukungan psikososial menjadi hal yang penting dalam situasi ketidakpastian keadaan yang bisa jadi pada sebagian orang akan menimbulkan ketidaknyamanan, kecemasan, khawatir berlebihan, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah terpapar atau lama proses penyembuhannya.

Cekal corona Dompet Dhuafa telah mendirikan pusat informasi atau Crisis Center Cekal Covid-19 dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa yang bisa dihubungi di nomor 0811 16 17 101.

Fasilitas kesehatan ini akan menjadi pintu masuk dalam upaya kewaspadaan dini di fasyankes sehingga memerlukan peningkatan kapasitas. pemenuhan standard pelayanan dan upaya pencegahan serta pengendalian infeksi yang sesuai dengan standarisasi pedoman yang ditetapkan. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo