Minggu, 22 Mei 2022
21 Shawwal 1443 H
Home / Keuangan / Kompetisi Antar BPRS, ini Jawaban Asbisindo
FOTO I Dok. harianjogja
Alfi Wijaya mengatakan, lingkungan kompetisi yang terjalin antar BPRS terbilang unik.

Sharianews.com, Tangerang ~ Jumlah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) terus mengalami pertumbuhan. Persaingan antar BPRS pun meningkat.

Menaggapai hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kompartemen BPR Syariah Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), Alfi Wijaya mengatakan, lingkungan kompetisi yang terjalin antar BPRS terbilang unik. Bila sebuah BPRS menjalankan suatu program, pada umumnya saling berbagi.

“Mereka (BPRS) terbuka, kita gunakan bersama. Karena prinsipnya Allah Swt sudah mengatur,” jelasnya menegaskan, kepada Sharianews.com, belum lama ini.

Seperti konsep KPR Isthisna yang dikembangkan BPRS Mulia, yang tidak ragu dibagikan ke sesama BPRS.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama BPRS HIK ini mengungkapkan, Asbisindo mengawal setiap kegiatan BPRS dan regulasi-regulasi yang dibuat regulator, termasuk dalam merumuskan produk.

Menurutnya, bank umum syariah atau unit usaha syariah memiliki tim riset development, serta produk yang kuat. Sementara BPRS tidak memilikinya. Karena itulah antar BPRS saling bekerja sama.

“Begitu kita menemukan sesuatu akan kami share ke yang lain. Kita ngerasa tidak mungkin mengembangkan produk sendirian,” ujar Alfi.

Justru dengan berbagi, antar BPRS semakin berkembang. Terlebih BPRS mempunyai lahannya sendiri, sehingga tidak saling bersaing.

Justru BPRS lebih luas tantangannya menurut Alfi, terletak pada kemampuan memilih bisnis model yang tepat. BPRS harus memahami resources-nya, harus bisa melihat potensi pasar dan bisa men-develop antara resources yang di miliki dengan segmen pasar. (*9

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo