Kamis, 27 Juni 2019
24 Shawwal 1440 H
Home / Ziswaf / Kolaborasi Dompet Dhuafa dengan Anak-anak Pengungsi
FOTO/Dok.dompetdhuafa
"Berkolaborasi antara School For Refugees dengan Taman Teman Bermain diharapkan di antara anak-anak dapat saling bersilaturahmi dan menjadi teman bermain, anak-anak dari School For Refugees dapat mempraktikkan Bahasa Indonesia yang telah mereka pelajari di kelas", Ucap Sidik Eka Hermawan

Sharianews.com, Jakarta ~ Bulan Ramadan 1440 H tahun ini, Dompet Dhuafa tidak hanya berbagi kebaikan dan berkah Ramadan untuk sesama warga Indonesia, tetapi juga turut mengajak anak-anak pengungsi dari School For Refugees Dompet Dhuafa, untuk berbuka puasa bersama dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama komunitas Taman Teman Bermain di Kantor Indonesia Mengajar.

"Berkolaborasi antara School For Refugees dengan Taman Teman Bermain diharapkan di antara anak-anak dapat saling bersilaturahmi dan menjadi teman bermain, anak-anak dari School For Refugees dapat mempraktikkan Bahasa Indonesia yang telah mereka pelajari di kelas", Ucap Sidik Eka Hermawan, Kepala Sekolah School For Refugees, seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/5).

Tujuan utama diciptakannya School for Refugees (SFR) adalah untuk memberikan pembelajaran bahasa Indonesia kepada para pengungsi agar dapat digunakan sehari-hari.

Bertepatan pada bulan Ramadan kali ini, SFR mengadakan acara Ramadhan Children Collabs yang dirancang sebagai wahana bagi murid SFR untuk berinteraksi langsung dan mempraktikkan Bahasa Indonesia dengan anak-anak dari komunitas Taman Teman Bermain dan juga menjalin tali pertemanan antara murid SFR dengan anak Indonesia.

Acara Ramadhan Children Collabs ini diikuti oleh 40 anak-anak dari School For Refugees, di antara para anak pengungsi berasal dari berbagai negara seperti Iran, Eritia, Ethiopia, Somalia, Afghanistan dan Yaman.

Acara tersebut juga diikuti oleh 30 anak-anak dari komunitas Taman Temen Bermain serta 30 relawan yang dengan suka rela memeriahkan acara ini. Kegiatan Ramadhan Children Collabs diawali dengan persentasi perkenalan tentang School For Refugees, dilanjutkan perkenalan antara anak pengungsi dengan anak-anak Indonesia untuk mempererat tali perteman.

Acara ini dibuat dengan penuh kegembiraan dan insipirasi karena diisi dengan para profesional seperti pramugari, reporter, pembaca berita, model, fotografer, dokter, pelukis, koki dan pengacara yang semuanya secara suka rela memberikan pengalaman dan inspirasinya untuk anak-anak.

Relawan profesional dan anak-anak belajar bersama setiap profesi, kemudian anak-anak melakukan role play bersama tim kelompoknya untuk profesi yang diinginkan.

Puncak kegiatan diadakan diisi foto bersama anak-anak, relawan, panitia acara dan pameran hasil karya seni lukis oleh anak-anak peserta acara Ramadhan Children Collabs ini. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo