Kamis, 12 Desember 2019
15 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Keuangan / KNKS Berhasil Pertemukan Gubernur dan Potensial Partner Internasional
Executive Leaders Forum mempertemukan gubernur dan mitra potensial atau potensial partner internasional untuk membangun ekonomi daerah dengan ekonomi syariah.

Sharianews.com, Jakarta ~ Tahun ini, pelaksanaan ISEF 2019 diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersama KNKS yang berlangsung dari 12-17 November 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Direktur Hukum dan Hubungan Eksternal KNKS, Taufik Hidayat menjelaskan, acara tersebut merupakan pengoptimalisasian ekonomi syariah di berbagai daerah di Indonesia, melalui penyelenggaraan Executive Leaders Forum yang mempertemukan gubernur dan mitra potensial atau potensial partner internasional untuk membangun ekonomi daerah dengan ekonomi syariah.

Tiap daerah diwakili gubernur dan pejabat lainnya dengan memaparkan program-program unggulan ekonomi dan keuangan syariah dari daerahnya. Dengan program tersebut, potensi-potensi ekonomi yang ada di berbagai wilayah dimunculkan dan dipertemukan dengan potensial partner. 

Inti dari forum tersebut berkaitan dengan produk ekspor dan potensi investasi di Indonesia. Pada kesempatan tersebut potensial partner sudah melakukan ekplorasi potensi yang ada di masing-masing daerah.

Di sisi lain, potential partner juga sudah mengindikasikan berbagai keinginan dan kebutuhan masing-masing. "Program itu menjadi inisiatif daerahnya masing-masing dalam rangka mengakselerasi dan menyinergikan pertumbuhan ekonomi, serta peluang kerja sama nasional maupun internasional dengan para potential partner," jelas Taufik. 

Dalam acara yang bertema "Membangun daerah dengan ekonomi syariah" ini, potential partner disiapkan KNKS sebagai calon-calon investor dari sisi demand. 

Pembukaan Executive Leaders Forum dibuka oleh Deputie Bidang Ekonomi Bappenas Bambang Prijambodo. Sementara peserta yang hadir yakni dari Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Sumatra Selatan, Banten, Aceh, Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

Sementara potential partner yang hadir, di antaranya Dubai Islamic Development Center, Islamic Development Bank, dan CFO Club. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: