Kamis, 14 November 2019
17 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Keuangan / KNKS: Alat Pembayaran Digital Berbasis Syariah akan Diluncurkan Bareng ISEF
Pagelaran ISEF tidak hanya diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI), tapi juga dengan KNKS.

Sharianews.com, Jakarta ~ Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi syariah, salah satu dengan menginisiasi alat pembayaran digital berbasis syariah melalui Linkaja.

Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS Afdhal Aliasar mengatakan, peluncuran tersebut direncanakan saat acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), di Jakarta, 12 November mendatang.

ISEF kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pagelaran ISEF tidak hanya diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI), tapi juga dengan KNKS. Selain itu, acara kali ini bertaraf internasional dan Presiden Joko Widodo diharapkan membuka langsung acara ISEF nanti.

Afdhal mengatakan selama menunggu peluncuran alat pembayaran digital berbasis syariah, KNKS akan mengedukasi masyarakat tentang penggunaanya “Sebelum itu (peluncuran) kita membangun kesadaran di masyarakat agar mengerti yang syariah, bedanya syariah Linkaja dan yang bukan,” sambungnya, di Kantor KNKS, Jakarta, Selasa (10/9).

Saat ini, alat pembayaran digital berbasis syariah sedang dalam proses hingga siap diluncurkan. PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) sedang mendorong sertfikasi dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia. Dilanjutan ke tahap perizinan fitur oleh Bank Indonesia dan akan dilakukan uji coba, serta dibuat prototipenya.

Dengan skema syariah, alat pembayaran ini nantinya memiliki beberapa perbedaan. Dia  akad saat melakukan transaksi, rekening bank penampung menggunakan bank syariah, dan nilai-nilai yang mendukung syariah seperti menolak pembelian produk nonhalal misalnya minuman beralkohol.(*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: