Sabtu, 11 Juli 2020
21 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Ekbis / KNEKS Susun Strategi Edukasi Ekonomi Syariah Mulai Usia 0-6 Tahun
Foto dok. Pexels
Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat menerangkan edukasi terkait ekonomi syariah penting diperkenalkan sejak dini untuk perkembangan literasi ekonomi syariah.

Sharianews.com, Jakarta - Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat menerangkan edukasi terkait ekonomi syariah penting diperkenalkan sejak dini untuk perkembangan literasi ekonomi syariah.

Ia mengatakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mendorong hal itu. KNEKS telah menyusun strategi nasional pengembangan materi edukasi untuk peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Dalam strategi tersebut, KNEKS memetakan edukasi dari usia yang paling rendah yakni dari umur 0-6 tahun dan paling tinggi di atas 56 tahun. Jadi, bagaimana kita bisa menanamkan konsep ekonomi dan keuangan syariah sesuai usianya.” jelasnya menegaskan, dalam acara bertema Pentingnya Pendidikan Syariah Sejak Dini yang diselenggarakan KNEKS, Jumat (26/6).

KNEKS juga sudah mengidentifikasi bahwa sekarang ini, alat-alat permainan atau gim, serta video bisa membantu untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah di masyarakat.

Selain itu, Emir mengungkapkan KNEKS mendorong munculnya permainan edukasi ekonomi syariah sebagai media pembelajaran yang inovatif di Indonesia. Berdasarkan survei KNEKS yang saat ini masih berjalan, cukup banyak permainan-permainan yang digunakan untuk memperkenalkan ekonomi syariah.

KNEKS juga mulai melakukan survei tentang media pembelajaran ekonomi syariah berbasis audio visual, seperti animasi Riko the Series, Nussa Official, dan yang dilakukan berbagai pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah.

Rep. Aldiansyah Nurrahman