Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Ekbis / KNEKS Paparkan Elemen yang Dibutuhkan untuk Kembangkan UMKM Industri Halal
Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS Putu Rahwidhiyasa
KNEKS menyebut kolaborasi pembinaan UMKM indsutri halal dibutuhkan untuk percepatan pemulihan ekonomi

Sharianews.com,Jakarta - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyebut kolaborasi pembinaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) indsutri halal dibutuhkan untuk percepatan pemulihan ekonomi.

Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS Putu Rahwidhiyasa memaparkan beberapa elemen kolaborasi untuk pembinaan UMKM industri halal. Elemen itu antara lain perbankan syariah, perguruan tinggi, dan electronic commerce atau e-commerce. 

Posisi perbanakn syariah, disebut Putu, sangat strategis untuk mendukung UMKM industri halal atau UMKM secara umum. 

“Kemudian, ada coaching elementering, dimana berperan sangat kuat adalah perguruan tinggi atau inkubator dalam membina UMKM agar bisa bekerjasama dengan bank syariah,” jelasnya menegaskan, dalam webinar Peran Perbankan Syariah dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah, Selasa (04/05).

Elemen selanjutnya adalah digitaliasasi provider, mereka bisa membantu UMKM untuk digitalisasi. Kemudian banyak juga e-commerce bisa membantu UMKM untuk menjual produk-produknya yang tentunya ada kaitannya juga dengan sertifikasi halal.

“Nah, semua ini bisa saling berkomunikasi untuk bisa bekerjasama dan berkolaborasi. Bisa dipimpin bank syariah atau pihak lain,” ujar Putu.

Putu menyampaikan, KNEKS sedang melaksanakan suatu pilot yang modelnya mengembangkan UMKM seperti itu, di mana semua saling terhubung dengan suatu sistem yang KNEKS siapkan sehingga data dari perguruan tinggi bisa dikirim ke bank syariah, data dari e-commecre bisa dikirim ke bank syariah. 

"Apabila UMKM ini belum pernah mendapat palatihan, ia akan dididik oleh perguruan tinggi. 

Apabila belum menggunakan digital akan dibantu oleh digital provider. Apabila belum menjual ke e-commecre akan dibantu oleh pemasarapemasaran e-commerce. Apabila belum dapat pembiayaan akan dibantu bank syariah, 

Tentu bank syariah akan terbantu mitigasi risikonya karena data di sini bisa dipakai untuk mendapatkan informasi tentang kualitas dari UMKM yang ada," papar Putu.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: