Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Ekbis / KNEKS dan Sejumlah Pemangku Kepentingan Bersinergi Mengakselerasi UMKM Industri Halal
Gerakan sinergi para pemangku kepentingan untuk mengakselerasi UMKM industri halal yang berbasis ekosistem digital.

Sharianews.com, Jakarta - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Koperasi & UKM (Kemenkop & UKM) dan para pelaku usaha melaksanakan acara "Kick-off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal”, Rabu (25/8).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan pengembangan ekonomi syariah melalui gerakan sinergi para pemangku kepentingan untuk mengakselerasi UMKM industri halal yang berbasis ekosistem digital.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan kegiatan ini merupakan langkah penting sebagai upaya memaksimalkan kontribusi ekonomi syariah di sektor bisnis, utamanya UMKM industri halal dalam penguatan ekonomi nasional paska pandemi Covid-19.

Perluasan dan pengembangan sektor usaha syariah merupakan salah satu dari empat fokus pengembangan ekonomi syariah dengan pelaku utama UMKM. Oleh karenanya, UMKM adalah kunci dalam mengakselerasi ekonomi syariah Indonesia yang harus diperhatikan, dijaga dan dikembangkan secara serius oleh kita bersama.

“Untuk itu diperlukan sinergi dan kolaborasi yang kuat untuk mengakselerasi pengembangan UMKM industri halal, juga tidak kalah penting adanya kemitraan dari usaha besar yang saling menguntungkan,” tutur Ketua Harian KNEKS ini.

Sinergi para pemangku kepentingan tersebut diwujudkan dalam 28 aspek yang antara lain meliputi pelatihan dan literasi halal untuk pelaku UMKM Industri Halal, kerja sama layanan digital banking syariah, pelatihan tenaga pendamping proses produk halal (PPH), fasilitasi transaksi ekspor, serta aktivitas lainnya yang berdampak signifikan pada pengembangan industri halal Indonesia.

Salah satu poin kerjasama tersebut adalah penggunaan 8 Modul Dasar Pembinaan UMKM industri halal yang diluncurkan pada kesempatan ini. Seluruh aspek kerjasama tersebut tertuang dalam memorandum of understanding yang ditandatangani oleh pimpinan kementerian/lembaga serta pelaku usaha yang terlibat dalam pilot project Sentra UMKM industri halal.

Rep. Aldiansyah Nurrahman