Kamis, 14 November 2019
17 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Haji umrah / Kloter Perdana Aceh, Terbang ke Jeddah 24 Juli Mendatang
FOTO I Dok. aljazeera.com
"Kloter perdana mulai masuk asrama haji Embarkasi Aceh mulai Selasa (23 Juli) pukul dan terbang ke Jeddah Rabu (24 Juli) pukul 23.10 WIB," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Samhudi, Senin (17/6).

Sharianews.com, Jakarta ~ Pada musim haji 1440H, jemaah Aceh sudah masuk dalam jadwal keberangkatan gelombang II, yaitu berangkat dari Embarkasi Aceh melalui Bandara SIM langsung ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

"Kloter perdana mulai masuk asrama haji Embarkasi Aceh mulai Selasa (23 Juli) pukul dan terbang ke Jeddah Rabu (24 Juli) pukul 23.10 WIB," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Samhudi, Senin (17/6).

Dilansir dari laman Kemenag, kriteria pelunasan pemenuhan kuota adalah sebagai berikut:

Pertama, jemaah haji berhak lunas tahun berjalan dan jemaah haji cadangan yang mengalami kegagalan pembayaran BPIH pada tiga tahap pelunasan

Kedua, jemaah haji lanjut usia minimal 75 tahun beserta pendampingnya

Ketiga, nomor porsi berikutnya dalam urutan provinsi dan kab/kota

Keempat, nomor porsi berikutnya yang berstatus sebagai cadangan sebanyak 10 persen dari sisa kuota tambahan pada masing-masing provinsi berdasarkan data base siskohat yang belum pernah berhaji dan telah berusia 18 tahun atau sudah menikah.

Bagi jemaah lanjut usia dan pendamping diprioritaskan bagi yang mengajukan percepatan dan telah diinput ke dalam siskohat berdasarkan usia tua.

Untuk diketahui, Aceh merupakan daerah yang biaya hajinya paling murah karena jaraknya yang cukup dekat, sedangkan daerah biaya haji yang paling mahal berada di Makassar dan Nusa Tenggara Barat.

Bagi provinsi yang pengajuan lansia dan pendamping belum terinput ke dalam database siskohat dapat dilakukan penginputan kembali pada 12 Juni 2019 kemarin.

Inventarisir data jemaah ini harus disampaikan ke Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditejen PHU, paling lambat Senin (17/6). Selanjutnya akan dipublikasikan sebagai data pelunasan BPIH reguler pemenuhan kuota.

Sebagaimana sebelumnya pernah disampaikan, bagi CJH Embarkasi Haji Aceh (BTJ) sebanyak 4.393 telah dibuka tiga tahapan pelunasan BPIH pada Bank-bank Penerima Setoran (BPS BPIH).

Tahap 1 sejak Selasa (26 Maret) sampai dengan Selasa (2 April). Saat pelunasan tahap kedua bagi yang belum selesai tahap sebelumnya, telah dibuka sejak Selasa (30 April) sampai Jumat (10 Mei). Dan tahap ketiga juga telah selesai.

Sampai dengan hari terakhir pelunasan tahap ketiga BPIH 1440H, CJH yang lunasinya mencapai 232 orang.

Bagi 4.393 CJH Aceh ditambah dengan kuota tambahan 258 jemaah, yang dibagi dalam 12 kloter (BTJ-01 s/d BTJ-12) itu, pada musim haji 1440 H/2019 ini, masuk dalam keberangkatan Gelombang II. Semua kloter berangkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, langsung Mekkah via Bandara Internasional King Abdul Aziz (JED) Jeddah Arab Saudi. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo