Selasa, 14 Juli 2020
24 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Ekbis / Kini, Milenial Bisa Memiliki Properti melalui Permata KPR iB Bijak
Permata bank syariah saat meluncurkan kpr iB bijak. Foto/dok.romy
KPR terbaru ini diluncurkan untuk menjawab permintaan kredit properti berbasis syariah yang terus meningkat.

Sharianews.com, Jakarta ~ PT Bank Permata Tbk (PermataBank) resmi meluncurkan produk pembiayaan properti syariah terbaru. KPR dengan akad musyakarah mutanaqisah (MMQ) tersebut diberi nama PermataKPR iB Bijak.

Shariah Banking Director PermataBank, Herwin Bustaman mengatakan, produk KPR terbaru ini diluncurkan untuk menjawab permintaan kredit properti berbasis syariah yang terus meningkat.

"Kita melihat adanya peningkatan permintaan dari masyarakat terutama di kalangan milenial yang ingin memiliki rumah impian atau berinvestasi ke rumah atau apartemen," kata Herwin di Jakarta, Senin (23/12).

Head of Mortgage Business PermataBank, Dewi Damajanti Widjaja menilai, industri properti tahun ini cukup positif. Dia yakin prospeknya bakal terus membaik pada 2020.

"Untuk properti sendiri tren penjualannya sedang bagus, ya, di tahun 2019 ini. Hal ini berdasarkan pengamatan saya terhadap beberapa developer yang ada di Indonesia. Oleh karenanya, kami cukup optimistis bahwa pasar properti di Indonesia pada tahun 2020 akan lebih bagus," tuturnya.

Meski porsi KPR syariah masih minim, Herwin melihat minat masyarakat cukup tinggi. Hingga Oktober 2019, kata dia, pangsa pasar KPR syariah sekitar enam persen.

"Selain itu kita juga melihat, banyak milenial yang berminat dengan prinsip syariah untuk mengelola uangnya," ujar Herwin.

PermataKPR iB Bijak membuat portofolio KPR syariah milik PermataBank semakin lengkap. Sebelumnya, bank tersebut mempunyai tiga produk KPR syariah masing-masing PermataKPR iB MMQ (musyakarah mutanaqisah/kombinasi murabahah dan istisna), PermataKPR iB IMBT (ijarah muntahiyah bittamlik/sewa beli), dan PermataKPR iB Murabahah (murabahah/jual beli).

Meski memiliki akad yang sama, PermataKPR iB Bijak berbeda dengan PermataKPR iB MMQ.

Untuk PermataKPR iB Bijak, PermataBank menawarkan kombinasi pinjaman dengan tabungan bijak Syariah. Dengan begitu, nasabah bisa menikmati marjin KPR hingga 0 persen dengan menambah saldo tabungan.

Skemanya, 70-80 persen saldo tabungan akan diperhitungkan sebagai pengurang pokok pinjaman dalam perhitungan marjin KPR.

Sama seperti KPR syariah PermataBank lain, PermataKPR iB Bijak menawarkan berbagai kemudahan, seperti angsuran yang lebih ringan, masa tenor sampai dengan 25 tahun, dan masa approval yang pendek yakni 5 hari kerja.

"Harapannya supaya masyarakat khususnya milenial dapat memiliki rumah impiannya. Selain itu, kami ingin memberikan opsi lebih kepada masyarakat bahwa cara syariah itu kita bisa (mengakomodir)," ucap Herwin. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo