Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Haji umrah / Khoirizi: Pembinaan Ibadah Haji Harus Maksimal
FOTO I Dok. apnews.com
Direktur Bina Haji, Khoirizi, saat pembukaan kegiatan Pembinaan Kelompok Bimbingan mengingatkan kembali tugas pokok pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Sharianews.com, Jakarta ~ Jelang operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440H/2019M, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah terus mempersiapkan segala kebutuhan jemaah haji.

Direktur Bina Haji, Khoirizi, saat pembukaan kegiatan Pembinaan Kelompok Bimbingan mengingatkan kembali tugas pokok pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji. Khoirizi mengatakan bahwa sudah seharusnya pembinaan ibadah mendapat porsi utama.

“Selama ini kita cukup bangga dengan hasil indeks kepuasan jemaah haji di Arab Saudi, tapi saya minta agar kualitas pembinaan ibadah jemaah haji harus maksimal, tidak boleh berkurang sedikitpun karena menyangkut keabsahan ibadah,” tutur Khoirizi di Jakarta, Rabu (22/5).

Menurut Khoirizi ada banyak catatan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018. Sebagian dari catatan harus ditindaklanjuti oleh Pemerintah bersama Kelompok Bimbingan.

“Catatan haji tahun lalu terdapat beberapa masalah ibadah jemaah yang menjadi perhatian serius. Masalah tersebut harus diselesaikan oleh Pemerintah dan kelompok bimbingan,” tegasnya, seperti dilansir di laman Kemenag.

Melalui kegiatan tersebut Khoirizi berharap agar dapat menjadi media diskusi antara Kementerian Agama dan Kelompok Bimbingan. Berbagai persoalan harus diidentifikasi dan dicarikan pola bimbingan yang terbaik.

“Kegiatan ini selain untuk membangun kemitraan, sekaligus mengidentidikasi masalah dan mencari pola bimbingan menuju jemaah haji mandiri,” kata Khorizi dalam penjelasannya.

Sedangkan menurut Kepala Sub Direktorat Bimbingan Jemaah Haji, Arsad Hidayat, kegiatan diikuti oleh 100 orang.

Peserta berasal dari Kementerian Agama pusat, seluruh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se-Indonesia, Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji, tokoh agama dari organisasi kemasyarakatan Islam, akademisi, dan praktisi perhajian. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo