Minggu, 17 Oktober 2021
11 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Keuangan / Keuntungan Menjadi Nasabah Bank Syariah
Selain halal, banyak keuntungan yang didapat nasabah bank syariah. Foto: Dok. Hukumonline.com
Selain halal, banyak keuntungan yang didapat nasabah bank syariah.

Selain halal, banyak keuntungan yang didapat nasabah bank syariah.

Sharianews.com. Jakarta - Banyak kelebihan dan keunggulan serta manfaat yang dirasakan nasabah bank syariah dibanding menabung di bank konvensional. Mulai dari fasilitas, pelayanan, kenyamanan hingga profit bagi hasilnya.

Hal ini yang menarik minat Desy Bangkit (30) lebih memilih untuk menjadi nasabah di bank syariah ketimbang konvensional. Menurut dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini, bagi hasil di bank syariah jauh lebih baik daripada sistem bunga di bank konvensional.

“Di bank syariah, kita menjadi mitra bukan hanya sebagai nasabah. Ada bagi hasil atau profit sharing yang tiap nasabah dapatkan. Keuntungan ini disetujui saat akad di awal dan disepakati hingga akhir masa perjanjiannya,” jelas Desy kepada Sharianews.com.

Desy menambahkan, yang terpenting baginya, bank syariah itu memakai hukum syariah dalam roda kegiatan ekonominya. Sehingga tiap nasabah, lanjut nasabah yang sudah dua tahun terakhir menabung di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah ini, terhindar dari riba.

“Bunga bank itu riba dan dilarang Islam. Saya merasa, menabung di bank syariah lebih tenang karena tidak ada riba. Dan, insya Allah, terhindar dari dosa. Kegiatan perekonomiannya halal dan tidak bertentangan dengan ajaran agama,” paparnya.

Sama halnya dengan Desy, Amih (33) juga berpendapat hal yang sama. Ia baru saja membuka rekening baru untuk anaknya. Dia mengatakan, saldo minimum untuk membuka rekening di Bank BRI Syariah lebih murah dibanding bank konvensional.  

“Biayanya lebih kecil dibanding dengan bank umum biasa. Walau hanya Rp 50.000,  tapi mengenai fasilitas sama lengkapnya dengan bank konvensional, dan memudahkan transaksi melalui e-banking juga,” tuturnya.

Amih merasa nyaman dan tidak perlu takut untuk menabung di bank syariah karena dana atau tabungannya digunakan atau dimanfaatkan untuk hal-hal yang sesuai syariah. Berbeda dengan bank konvensional yang tidak diketahui uang nasabah akan dipergunakan untuk apa.

Hal yang sama juga dirasakan Muhammad Ghifari. Menurut mahasiswa UIN Syarif Hidatullah Jakarta ini, banyak manfaat dan keuntungan yang ia dapat dengan menabung di bank syariah.

“Bank syariah lebih murah, simpel, memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik, dan tentunya tidak ada biaya administrasi. Bisa menabung dengan saldo yang sangat rendah,” ujar nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah ini. *(SN)

 

 

 

Reporter: Agustina Permatasari

Editor: A.Rifki