Selasa, 17 September 2019
18 Muḥarram 1441 H
Home / Keuangan / Keunggulan Pembiayaan Mikro BRI Syariah
FOTO | Dok. Banjarmasin Post - Tribunnews.com
Proses pengajuan pembiyaan di BRI Syariah relatif  mudah, dengan persyaratan dokumen cukup ringan dan prores verifikasi data yang telah disederhanakan. 

Sharianews.com, Jakarta. Pembiayaan mikro BRI Syariah menawarkan beberapa keunggulan dengan beberapa varian, sehingga bisa menjadi salah sastu pilihan mudah bagi masyarakat dalam mengembangkan usahanya. 

Pemimpin Cabang, Kantor Cabang Jakarta Kebon Jeruk BRI Syariah, Meizar Ichsan mengatakan BRI Syariah memiliki kecepatan pencairan. Hal ini tertuang di dalam Moto BRI Syariah, yang intinya proses pencairan pembiayaan sudah harus cair dalam tiga hari kerja, terhitung sejak kelengkapan data, proses survei, dan analisa.

Meizat menjelaskan, proses pengajuan pembiyaan di BRI Syariah memang relatif  mudah, lantaran persyaratan dokumen yang diminta cukup ringan dan prores verifikasi data yang telah disederhanakan. 

“Misalnya pengusaha mikro, ia memiliki kios kecil atau baru buka perdagangan yang kecil. Syaratnya, hanya sampai dengan izin-izin dari RT/RW dan kelurahan setempat, asalkan kami bisa verifikasi data untuk usaha tersebut, permohonan bisa dicairkan,”jelasnya, di Jakarta (29/11/2018).

Kemudahan lain bagi nasabah adalah adanya jaringan yang luas, dekat dengan komunitas, dan marketing yang ramah, sehingga memberikan kenyamanan, kepada nasabah. Selain itu, BRI Syariah juga terintegrasi dengan induknya, sehingga bisa mempergunakan fasilitasnya layanan yang tersedia. 

Meizar memberi contoh, setiap nasabah BRI Syariah jika di wilayah tertentu tidak ada kantor cabang BRI Syariah, nasabah bisa mengunakan layanan BRI konvensional, misalnya jika ingin transfer ke seluruh pelosok Indonesia.

Tidak hanya itu, BRI Syariah juga membantu pengembangan komunitas. Menghubungkan satua nasabah dengan nasabah lain, yang memiliki kegiatan usaha sama atau sejenis.

"Sebagai contoh, pengusaha ritail fashion - jeans yang hanya memiliki satu supplier di Bandung, misalnya karena BRI Syariah sudah membina komunitas pengusaha jeans, maka nasabah dengan satu supplier tersebut bisa kita komunikasikan, kita hubungkan untuk bisa bersinergi dengan komunitas pengusaha jeans tersebut, sehingga usahanya bisa berkembang,"jelas Meizar.  

Selain itu, sesuai dengan jenis banknya yang syariah, maka semua akad pembiyaan yang diberikan juga sesuai dengan akad syariah. 

Untuk melayani pembiayaan syariah di sektor mikro, BRI Syariah memiliki tiga varian pembiayaan mikro, yang dikenal dengan Mikro Faedah, yakni pembiayaan Rp 5- Rp 25 juta, pembiyaan Rp 5- Rp 75 juta, dan terakhir > Rp 75- Rp 200 juta. "Ketiga varian itu, memliki syarat dan akad yang berbeda-beda," ujar Meizar. (*)

 

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil