Minggu, 1 November 2020
16 Rabi‘ al-awwal 1442 H
Home / Keuangan / Kengembangan SDM, CIMB Niaga Syariah Gandeng IPB
Foto dok. IPB
Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sharianews.com, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk melalui Unit Usaha Syariahnya (CIMB Niaga Syariah) mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk itu CIMB Niaga Syariah bermitra dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). 

CIMB Niaga Syariah menjalin kerja sama dengan IPB dalam bidang pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui produk dan layanan perbankan syariah.

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) kemitraan tersebut dilakukan secara daring oleh Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan dan Rektor IPB Arif Satria,di Jakarta, belum lama ini. 

CIMB Niaga Syariah sebagai Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BUKU IV yang memiliki digital banking lengkap menyatakan kesiapannya memfasilitasi layanan perbankan syariah bagi civitas akademika dan alumni IPB. 

Dengan kapasitas dan pengalamannya yang luas, CIMB Niaga Syariah akan mendukung IPB dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta aktivitas lainnya untuk mengembangkan perbankan syariah di Indonesia.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, kemitraan yang baik antara perbankan dan perguruan tinggi dapat saling memperkuat peran kedua institusi dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

"Kami merasa bangga bisa menjadi mitra dari salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Bagi kami, IPB merupakan partner strategis yang tepat untuk mendukung pengembangan SDM dan industri perbankan syariah,” jelas dia. 

Menurutnya, CIMB Niaga, sebagai induk dari CIMB Niaga Syariah, memiliki perhatian yang besar dalam membangun SDM yang berkualitas, termasuk generasi muda. 

Selama ini, CIMB Niaga aktif mengedukasi kalangan milenial melalui gerakan sosial #KejarMimpi, memberikan beasiswa bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dan mengembangkan talenta-talenta terbaik untuk menjadi calon pemimpin masa depan melalui program management trainee, The Complete Banker (TCB).

“Dalam konteks pengembangan ekonomi syariah, kolaborasi CIMB Niaga dan IPB juga diharapkan dapat mendorong terciptanya halal koridor. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat berbagai program menarik dalam bidang pendidikan, kesehatan, wisata, makanan halal, fesyen halal, kosmetik halal, gaya hidup halal, serta aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya,” papar Tigor.

Dalam waktu dekat, CIMB Niaga Syariah akan bersinergi dengan IPB dalam kegiatan pengumpulan dan pengelolaan dana sosial. Pengelolaan dana sosial (termasuk wakaf) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh IPB sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Berbadan Hukum untuk membangun kemandirian keuangan institusi.

Tigor menambahkan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun CIMB Niaga yang ke-65 pada 26 September mendatang. Mengusung tema ’65 Tahun Melayani Indonesia’, CIMB Niaga berkomitmen untuk berperan aktif melayani masyarakat Indonesia.

“Kemitraan dengan IPB University ini juga merupakan bentuk upaya kami untuk terus merangkul berbagai komunitas di Tanah Air. Kami berharap, dengan terus bertambahnya komunitas yang saling terhubung bersama CIMB Niaga Syariah, industri perbankan syariah dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat,” pungkas Tigor.

Rep. Aldiansyah Nurrahman