Jumat, 6 Desember 2019
09 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Keuangan / Kemungkinan AFSI Ditunjuk Sebagai SRO saat ISEF
FOTO I Dok. lintasgayo.co
Harapannya, AFSI akan menjadi perpanjangan tangan OJK untuk menampung, memonitor, mengelola, menumbuhkan fintech syariah sebagai partner.

Sharianews.com, Jakarta ~ Bank Indonesia (BI) bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019 yang berlangsung pada 12-17 November 2019, di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Ketua Umum Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), Ronald Yusuf Wijaya mengungkapkan, dalam acara ISEF kemungkinan AFSI akan ditunjuk sebagai Self Regulatory Organization (SRO).

“Insyaallah nanti dilakukan penunjukan AFSI untuk menjadi SRO. Sama seperti Aftech (Asosiasi Fintech Indonesia) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Insyaallah AFSI akan ditunjuk sebagai SRO, akan ditunjuk OJK,” ketanya menegaskan, saat ditemui Sharianews.com.

Harapannya dengan penunjukan itu, AFSI akan menjadi perpanjangan tangan OJK untuk menampung, memonitor, mengelola, menumbuhkan fintech syariah sebagai partner.

Ronald mengungkapkan, penunjukan ini dilatarbelakangi dengan membludaknya pendataftar setelah OJK membuka pendaftaran inovasi dan keuangan digital. Sementara, sebagian pendaftar tersebut, ternyata banyak yang tidak sesuai kualifikasi. Untuk itu, AFSI akan ditunjuk menjadi SRO, sebagai gerbang pertama sebelum diserahkan ke OJK.

Fintech yang mengklaim syariah, harus melewati rekomendasi AFSI. Dengan demikian, pendaftar yang masuk ke OJK dianggap sudah masuk kualifikasi. AFSI akan memfilter terlebih dahulu, baik dari sisi akad maupun model bisnis.

“Meski begitu, mengenai nanti apakah pasti lolos atau tidak itu tetap ranahnya OJK, karena nanti OJK akan melihat lebih kepada faktor risiko di publik, protection, dan sebagainya,” tutup Ronald. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: