Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Ekbis / Kemenpar Siap Gelar Festival Khazanah Ramadan 2019 di Lombok
FOTO I Dok. Ahmad Arif sharianews.com
"Tahun ini akan ada lagi festival Lombok dan saya pikir bakal banyak event di bulan Ramadan untuk menarik wisatawan Muslim," ujar Riyanto kepada Sharianews, Selasa (9/4).

Sharianews.com, Jakarta ~ Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari, pengarah tim Percepatan Wisata Halal, Riyanto Sofyan mengungkapkan, pihaknya akan menggelar kembali Festival Khazanah Ramadan Lombok 2019 mendatang.

"Tahun ini akan ada lagi festival Lombok dan saya pikir bakal banyak event di bulan Ramadan untuk menarik wisatawan Muslim," ujar Riyanto kepada Sharianews, Selasa (9/4).

Riyanto mengungkapkan, Festival Khazanah Ramadan Lombok 2019 mendatang, bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan Muslim.

"Jadi, bisa menjadi experience yang menarik bagi para wisatawan Muslim untuk melihat local culture di sini," ungkap Riyanto.

Riyanto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) ini menjelaskan, durasi berpuasa di Indonesia lebih pendek dibandingkan dengan negara-negara di Eropa.

"Negara-negara di Eropa itu kan, panjang durasi puasanya bisa sekitar 18-19 jam, jadi kalau waktu libur kan pas summer tuh, nah, pas liburnya di sini kan, waktunya lebih pendek, dan suasanya kan, lebih kondusif," ujarnya menegaskan.

Saat ditanyakan mengenai target wisatawan pada bulan Ramadan, Riyanto mengatakan akan ada penurunan target, tetapi masih dalam hitungan yang baik.

"Kalau di bulan Ramadan, kemungkinan akan ada penurunan karena mereka ingin fokus beribadah, kecuali memang para wisman ini ingin menikmati local experience, tetapi intinya paling tidak ada kenaikan 10 persenlah," ujar Riyanto.

Seperti diketahui, selama bulan Ramadan tahun ini, event Pesona Khazanah Ramadan Lombok 2019 nanti akan menghadirkan Imam Besar dari empat negara di Timur Tengah.

Melalui kegiatan ini diharapkan wisatawan yang berasal dari seluruh Indonesia maupun mancanegara, khususnya Asia akan hadir di NTB.

"Acara Khazanah Ramadan ini bisa menjadi alternatif serta daya tarik bagi umat Islam untuk memaknai Ramadan dengan penuh arti. Di samping itu, event ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar umat," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo