Senin, 23 September 2019
24 Muḥarram 1441 H
Home / Haji umrah / Kemenag Ingatkan Agar Jemaah Umrah tidak Mengulur Waktu Pulang
FOTO I dok. Aljazeera
"Himbauan dari Kemenag adalah jemaah umrah agar pulang sesuai jadwalnya," ucap Kasubdit Pengawas Umrah dan Haji Noer Alya Fitra saat ditemui dalam acara forum group discussion, Senin (24/6).

Sharianews.com, JakartaKementerian Agama mengingatkan jemaah umrah pulang sesuai jadwal ke Tanah Air. Jemaah umrah tidak boleh mengulur waktu atau overstay pulang ke Tanah Air untuk menyiasati bisa ikut ibadah haji.

"Himbauan dari Kemenag adalah jamaah umrah agar pulang sesuai jadwalnya," ucap Kasubdit Pengawas Umrah dan Haji Noer Alya Fitra saat ditemui dalam acara forum group discussion, Senin (24/6).

Noer Alya mengaku, saat ini memang sedang masa-masa kritis dalam proses penyelenggaraan haji, karena dengan berakhirnya penyelenggaraan umrah dan dimulainya penyelenggaraan ibadah haji bisa saja dimanfaatkan pihak tertentu mengambil kesempat bisa menjalankan ibadah haji tanpa regulasi.

"Karena ini rawan bisa orang umrah langsung ikut haji, padahal sebetulnya dia visa umrah," katanya. 

Untuk itu, Kemenag menghimbau seluruh rakyat Indonesia yang menjadi jemaah umrah agar pulang sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Jemaah umrah tidak boleh mengulur waktu atau overstay di Tanah Suci karena hal itu melanggar ketentuan yang berlaku.

"Himbauannya kalau visa umrah ya pulang jangan tiba-tibah ikut haji daripada nanti di-sweeping Pemerintah Arab Saudi kena dideportasi," katanya.

Menjelang keberangkatan ibadah haji Kemenag telah menghimbau PPIU tidak memberangkatkan jemaah umrah mendekati keberangkatan jemaah haji, dan himbauan itu berlaku sejak tanggal 19 Juni 2019. 

"Tanggal 19 Juni sudah tutup, tidak ada surat edaran jadi memang itu mekanismenya dari KBSA," katanya. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo