Sabtu, 16 November 2019
19 Rabi‘ al-awwal 1441 H
Home / Ekbis / Kemenag Finalisasi Draft MoU Layanan Sertifikasi Halal
FOTO I Dok. globalnews.com

Sharianews.com, Jakarta. Penyelenggaraan jaminan produk halal (JPH) oleh Kementerian Agama tinggal dalam hitungan jari.

Sebagai bagian persiapan akhir, Badan Penyeleggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag akan menggelar penandatanganan MoU dengan Kementerian/Lembaga terkait.

Penandatanganan MoU rencananya digelar 16 Oktober mendatang di Kantor Wakil Presiden. Hari ini, BPJPH memfinalisasi draft MoU yang akan ditandatangani.

Rapat berlangsung di Kantor Kementerian Agama. Hadir, perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Majelis Ulama Indonesia.

“Sebelum penandatanganan MoU ke sembilan Kementerian/Lembaga, ada baiknya kita adakan pembahasan finalisasi draft kerjasama ini,” kata Staff Ahli Menteri Agama bidang Hukum dan HAM Jenedjri M Gaffar saat memimpin rapat membahas Draft Nota Kesepahaman Kementerian Agama dengan Kementerian/Lembaga terkait Tentang Penyelenggaraan Layanan Sertifikasi Halal (PLSH) bagi Produk yang Wajib Bersertifikat Halal, Selasa (15/10).

Seperri dilansir dari laman kemenag, disampaikan Janedjri bahwa kehadiran perwakilan dari Kementerian/Lembaga diperlukan agar bisa saling tahu dan memberikan masukan atas draft kerjasama yang telah disiapkan.

“Intinya, kerjasama ini jangan sampai mendatangkan kegaduhan di masyarakat khususnya bagi pelaku usaha,” tambah Janedjri.

“BPJPH akan mencatat semua masukan bapak-Ibu, dan akan kami konsultasikan kepada Kemenkumham,” kata Janedjri yang dimoderatori oleh Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi BPJPH Mastuki.

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo