Selasa, 18 Juni 2019
15 Shawwal 1440 H
Home / Haji umrah / Kemenag akan Sosialisasikan Sistem Pengawasan Online untuk Haji Khusus
FOTO I Dok. IslamiCity
Arfi menerangkan, mulai dari awal penginputan data, paket layanan dan lain-lain sudah terkoneksi dengan PIHK.

Sharianews.com, Jakarta ~ Kementerian Agama akan menyosialisasikan sistem pengawasan online kepada Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim menjelaskan, saat ini perangkat sistem pengawasan berbasis online sedang dalam proses pengerjaan.

"Saat ini kan, sedang tahap penyelesaian dan ketika nanti aplikasi selesai bulan Mei atau bulan Juni sebelum memulai keberangkatan jemaah haji khusus, kami akan sosialisasikan kepada seluruh PIHK sehingga mereka bisa mengimplementasikan," terang Arfi saat ditemui Sharianews di Jakarta, Senin (25/3).

Aplikasi yang sedang dikerjakan, ditambahkan Arfi, juga terkoneksi dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) ke depannya.

Menurut Arfi, perbedaan antara tahun lalu dengan tahun ini adalah sistem penerapannya yang sudah dalam full pengawasan.

"Jadi begini, tahun lalu kita sudah upayakan dalam bentuk uji coba, nah, tahun ini kita upayakan 100 persen pengawasan pada waktu operasional ibadah haji khusus itu berbasis online secara elektronik," sambungnya menegaskan.

Lebih lanjut Arfi menerangkan, mulai dari awal penginputan data, paket layanan dan lain-lain sudah terkoneksi dengan PIHK.

"Dari pihak PIHK juga harus menginput tanggal keberangkatan, maskapainya apa, terus hotel di Mekkah, hotel di Jeddah, hotel transit dan semua pergerakan-pergerakan di Madinah terinput dalam aplikasi ini sehingga dapat mempermudah juga bagi kami dalam melakukan pengawasan dan pengendalian," pungkas Arfi.(*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo