Minggu, 7 Juni 2020
16 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Kembangkan Industri Bersertifikasi Halal Lewat Pemasaran UMKM
FOTO I Dok. Disperindag
Osmena Gunawan mengatakan sekarang ini sudah banyak UMKM yang mendapat sertifikat halal, di antaranya UMKM yang difasilitasi oleh dinas-dinas di daerah masing-masing.

Sharianews.com, Jakarta ~ Potensi Indonesia untuk menjadi pemain utama industri halal global sangat besar. Untuk mencapai hal itu, bisa dilakukan melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bersertifikasi halal.

Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Osmena Gunawan mengatakan sekarang ini sudah banyak UMKM yang mendapat sertifikat halal, di antaranya UMKM yang difasilitasi oleh dinas-dinas di daerah masing-masing.

Namun, dari segi pasarnya tidak mengalami pertumbuhan. Hal itu disebabkan lemahnya strategi pemasarannya.

 “Mereka tidak punya CSR (Corporate Social Reponsibility), juga tidak punya biaya pemasaran, begitu juga iklan. Seharusnya di sini yang kita bantu, setelah mendapat sertifikat halal, mau diapakan produk ini,” jelas Osmena, saat ditemui Sharianews.com, di Gedung MUI, Jakarta, Selasa (22/1).

Lebih lanjut, ia menyarankan di setiap provinsi bisa dibuat tempat untuk pasar UMKM bersertifikat halal.

Bahwa di sana seluruh produk sertifikat halal dari para UMKM itu dipasarkan, sehingga turis  yang datang menuju ke daerah bisa disuguhkan. Sebagai contoh ketika datang ke Jakarta ingin mencari oleh-oleh Jakarta, produk UMKM itu bisa disuguhkan.

“Produk khusus jadinya, produk Jakarta bila datang ke Jakarta, produk Jawa Barat kalau datang ke Jawa Barat. Ada tempat-tempatnya, orang bisa memilih,” ujar Osmena.

Ia mencontohkan, bila ada kasus ada yang mencari rempeyek terenak di Jakarta, sangat sulit sekarang ini. Begitu juga ketika ingin mencari makanan terenak di dunia, rendang. Meski peringkat pertama, sangat sulit mencarinya.

Karena itu, menurutnya, sudah seharusnya disiapkan disiapkan pasarnya dan disediakan lokasinya. Jadi ketika ada orang yang ingin mencari makanan tertentu, lebih mudah untuk ditemukan tempatnya yang saat ini belum ada.

“Kalau mau ekonomi bangkit, pasar ini harus disedikan. Saya berharap ini diperjuangkan, supaya ada tempat semua produk bersertifikat halal ada di sana, di jual di sana,” pungkas Osmena

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo