Senin, 22 Juli 2019
20 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Keuangan / Kembangkan Bank Wakaf, Eni Kartika Raih OJK Award
Foto | Dok. OJK
Eni dianggap sukses mendorong akses keuangan berbasis syariah, khususnya bagi masyarakat melalui pembiayaan dan program produktif Bank Wakaf Mikro

Sharianews.com, Jakarta ~ Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan penghargaan OJK Award kepada Eni Kartika Sari, dari Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandira, Bantul, Yogyakarta sebagai tokoh Akses Keuangan.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan didampingi Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Jumat (11/01) malam di Jakarta.  

Dalam sambutannya, Wapres mengingatkan “kita akan menghadapi tahun ini dan tahun selanjutnya dengan kerja keras dan kebersamaan.”

Menurut JK, saat ini biaya logistik Indonesia masih mahal dibandingkan negara-negara lain. Untuk itu, Indonesia membutuhkan dana pembangunan infrastruktur yang besar pula.

“Dana ini bisa diperoleh melalui penyaluran lembaga keuangan yang sehat,” ujar dia.

Eni dianggap sukses mendorong akses keuangan berbasis syariah, khususnya bagi masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Al Munawir dan Bantul pada umumnya melalui pembiayaan dan program produktif Bank Wakaf Mikro.

Eni dinilai sukses menggerakkan komunitas dan masyarakat Indonesia, terutama dalam pemberdayaan ekonomi dan peningkatan literasi serta inklusi keuangan.

Bank Wakaf Mikro Amuna Berkah Mandiri ini hingga kini telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 797, 5 juta pada 508 nasabah.

Selain itu, bank ini juga sukses menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, serta merupakan Bank Wakaf Mikro pertama yang menetapkan pembiayaan produktif melalui skema cluster pembatik di kalangan ibu rumah tangga di Yogyakarta.

OJK Award merupakan bagian dari rangkaian acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) setiap tahun.

OJK memberikan apresiasi kepada tokoh yang telah berkontribusi nyata membangun tugas OJK dalam rangka memberdayakan ekonomi masyarakat dan meningkatkan literasi serta inklusi keuangan.

Selain kepada Eni, OJK Award juga diberikan kepada Adrian Gunadi dalam kategori Tokoh Milenilal Keuangan yang berperan menginisiasi perkembangan financial technology.

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: nazarudin