Jumat, 23 April 2021
12 Ramadan 1442 H
Home / Lifestyle / Jusuf Kalla Minta Pengurus Masjid Buat Konten Ceramah yang Variatif Saat Ramadan
Foto dok. Istimewa
Dewan Masjid Indonesia (DMI) meminta para pengurus masjid untuk membuat program, terutama terkait ceramah di bulan Ramadan.

Sharianews.com, Jakarta - Dewan Masjid Indonesia (DMI) meminta para pengurus masjid untuk membuat program, terutama terkait ceramah di bulan Ramadan.

Ketua DMI Muhammad Jusuf Kalla (JK) menjelaskan, hal itu diperlukan untuk mengantisipasi konten ceramah yang disampaikan secara berulang-ulang, tidak variatif.

"Pengurus masjid harus punya program sehingga konten ceramah tidak berulang, terutama pada bulan Ramadan. Ceramah itu bisa berisi materi akidah, ibadah, dan muamalah," ungkapnya, saat Mudzakarah Pembina Rohani Islam dan Pengelola Masjid K/L dan BUMN, di Jakarta, Rabu (31/03).

JK juga berharap pengurus masjid memasukkan konten yang aplikatif bagi masyarakat. Masjid yang baik, menurutnya, masjid yang pengurusnya tahu cara membuat program atau tema ceramah.

“Sampaikan bagaimana cara berdagang yang baik, bertani yang baik, jual beli yang baik. Itu yang membawa kita kepada persatuan," katanya.

Lebih lanjut, pada kesempatan itu, Mantar Wakil Presiden Indonesia ini juga menyatakan Indonesia memiliki jumlah masjid yang banyak.

JK menyebut, masyarakat Indonesia tercatat sebagai warga yang senang mendirikan masjid. "Hanya Indonesia dan Pakistan yang sekitar 90 persen masjidnya dibangun masyarakat. Hanya 5-10 persen masjid di dua negara ini yang dibangun pemerintah seperti masjid perkantoran kementerian dan lainnya," pungkasnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman