Rabu, 3 Maret 2021
20 Rajab 1442 H
Home / Ziswaf / Jurnalis Filantropi Indonesia Peduli Mualaf Baduy
Foto dok. Istimewa
Paket bantuan yang dihimpun secara kolektif tersebut diberikan untuk para mualaf Baduy yang tinggal di klaster-klaster Lembah Barokah Ciboleger

Sharianews.com, Ciboleger –Jurnalis Filantropi Indonesia (JUFI) didukung oleh beberapa lembaga sosial, komunitas dan majelis taklim, menggelar Ekspedisi dan Bakti Sosial “Peduli Muallaf Baduy” di Lembah Barokah Ciboleger, Desa Bojong Menteng, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, pada 9-10 Januari 2021.

Paket bantuan yang dihimpun secara kolektif tersebut diberikan untuk para mualaf Baduy yang tinggal di klaster-klaster Lembah Barokah Ciboleger, seperti Klaster Ar Razzaq, Klaster Ar Rahman dan Klaster Ar Rahim.

Secara keseluruhan ada 150 penerima paket bantuan yang diberikan melalui kupon. Paket bantuan itu berupa sembako, beras, pakaian muslimah, pakaian dan makanan anak-anak, hijab, mushaf Qur’an, uang santunan, masker, dan sebagainya.

Ketua Panitia Pelaksana Peduli Muallaf Baduy Ilham mengatakan panitia dan para sponsor yang ikut dalam rombongan Ekspedisi Peduli Muallaf Baduy terdiri dari lima rombongan, meliputi rombongan Depok, Bekasi, Sentul, Gunung Sindur, dan Tenabang.

“Kami bergerak dari wilayah masing-masing, dengan titik kumpul di Terminal Ciboleger. Kemudian menuju Lembah Barokah Ciboleger hanya sekitar 400 meter atau butuh waktu 5 menit saja,” jelasnya, Selasa(12/01).

Pihak sponsor yang turut mendukung kegiatan sosial dan dakwah tersebut, diantaranya:  Himpunan Dai Muda Indonesia (HDMI), Infaq Dakwah Center (IDC), Yayasan Spirit Membangun Ukhuwah Islamiyyah (YASMUI), Indonesia Care, Wakaf Al Azhar, LAZ Al Azhar, Bank Muamalat, Majelis Ta’lim Al Muthmainnah – Sentul, Peduli Jilbab, Teladanku, Squad Kebaikan, Pro Parent dan Shieraki, dan Umat TV Peduli. 

Selain memberikan santunan kepada mualaf Baduy, kegiatan sosial ini dirangkai dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Rahmad dari Al Azhar Jakarta, mendongeng untuk anak oleh Kartika dari Bekasi, dan pengenalan bahasa Inggris untuk anak-anak yang disampaikan oleh Nikolas.

Di Lembah Barokah Ciboleger, Banten, dihuni 50 Kepala Keluarga (KK). Sebagian besar dihuni oleh Mualaf Baduy. Hanya satu KK yang masih berkeyakinan lama. Meski berbeda keyakinan, mereka hidup damai dan menerima perbedaan.

Para jurnalis lintas media yang tergabung dalam JUFI tergerak menaruh peduli terhadap masyarakat muslim Baduy. Untuk itu, JUFI mengajak pelbagai pihak untuk bekerjasama dan bersinergi dalam menebar kebaikan dan kemaslahatan umat.

Rep. Aldiansyah Nurrahman