Rabu, 3 Maret 2021
20 Rajab 1442 H
Home / Ekbis / Juleha Perlu Didorong untuk Pengembangan Ekosistem Halal
Foto dok. Pexels
Juleha berperan vital dalam penyediaan daging halal

Sharianews.com, Jakarta - Juru Sembelih Halal atau biasa disingkat Juleha berperan vital dalam penyediaan daging halal, salah satu bahan baku yang sangat dibutuhkan dalam industri makanan halal.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Sukoso menegaskan bahwa profesi Juleha harus dikembangkan dengan optimal.

"Juru sembelih halal memiliki peran penting dalam pengembangan ekosistem industri halal di Indonesia, sehingga perlu dikembangkan secara optimal," ujarnya, belum lama ini.

Sukoso menyarankan agar lembaga seperi Juleha Indonesia segera menjalin MoU kerja sama dalam Jaminan Produk Halal (JPH) dengan BPJPH. Dengan kerja sama itu, selanjutnya dapat dilakukan sejumlah upaya di antaranya seperti pengembangan kurikulum, sekaligus mengenal dan memahami regulasi JPH dan proses sertifikasi halal dengan baik.

Lebih lanjut, Sukoso menyatakan BPJPH sangat mendukung semua pihak dalam upaya pengembangan penyelenggaraan JPH di Indonesia sesuai peran masing-masing yang diatur oleh perundang-undangan yang berlaku.

"BPJPH tentu mendorong yang sudah ada, mari kita sempurnakan bersama-sama. Intinya, berdasarkan UU JPH dan UU Cipta Kerja," tambah Sukoso.

Ketua Juleha Indonesia Wikrama Satyadarma mengatakan, para Juleha berharap dapat ikut berperan memajukan industri halal di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya berharap pemerintah melalui BPJPH dapat membantu upaya pengembangan Juleha yang ada.

Rep. Aldiansyah Nurrahman