Jumat, 23 April 2021
12 Ramadan 1442 H
Home / Lifestyle / JK: Ada 3 Komponen untuk Memakmurkan Masjid
Foto dok. Pexels
Salah satu bentuk eskpresi rasa syukur itu adalah dengan memakmurkan masjid

Sharianews.com, Jakarta - Banyaknya masjid yang ada di Indonesia sejatinya harus disyukuri masyarakat. Salah satu bentuk eskpresi rasa syukur itu adalah dengan memakmurkan masjid.

Ketua Dewan Masjid (DMI) Muhammad Jusuf Kalla (JK) mengatakan ada tiga komponen yang harus diperhatikan dalam memakmurkan masjid, yaitu orang yang mendirikan, yang mengurus, dan jemaah.

Menurutnya, ketiga komponen ini, harus diperhatikan demi mendapatkan hasil yang maksimal. Jika hanya memperhatikan salah satu aspek, hasilnya akan tidak sesuai dengan harapan.

"Pendiri masjid ini mendapatkan jaminan dari Allah berupa rumah di surga. Para pengurus harus membuat program yang bagus. Kemudian, jemaahnya, kalau masjid bagus tapi tidak ada jemaah maka tidak makmur juga," tambah Mantan Wakil Presiden ini, di Jakarta, Rabu (31/03).

Terkait banyaknya jumlah masjid di Indonesia, JK menyampaikan sejumlah alasan. JK menyebut, masyarakat Indonesia tercatat sebagai warga yang senang mendirikan masjid.

"Hanya Indonesia dan Pakistan yang sekitar 90 persen masjidnya dibangun masyarakat. Hanya 5-10 persen masjid di dua negara ini yang dibangun pemerintah seperti masjid perkantoran kementerian dan lainnya," tambahnya.

Rep. Aldiansyah Nurrahman