Minggu, 26 Mei 2019
22 Ramadan 1440 H
Home / Lifestyle / Jika Dioptimalisasikan Potensi Muslimah di Indonesia Besar
Gebyar muslimah 2019 (Dok/Foto Istimewa)
Acara ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri para muslimah.

Sharianews.com, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI kembali mengadakan acara puncak Gebyar Muslimah ke-9 pada Minggu, (10/3/19) di Depok, Jawa Barat.

Acara yang bertajuk “The Role of Muslimah in Modern Era (Peran Muslimah di Era Modern)” ini diperuntukkan secara umum untuk muslimah Indonesia dari berbagai latar belakang.

Gebyar Muslimah 2019 yang merupakan acara tahunan dari program kerja  BEM KBM STEI SEBI ini berlangsung dengan beberapa rangkaian acara, diantaranya talkshow, bazar (expo), dan berbagai perlombaan yang sudah dimulai beberapa bulan lalu.

Virta Herfianti selaku ketua panitia Gebyar Muslimah 2019 sekaligus menteri Pemberdayaan Perempuan BEM SEBI mengatakan, selain memaparkan bagaimana peran muslimah sesungguhnya, acara ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri para muslimah.

“Jadi acara GM (gebyar muslimah) ini memang khusus muslimah dengan tujuan mengembangkan potensi muslimah Indonesia itu sendiri. Potensi-potensi itu dapat dilihat dari rangkaian acara sebelum acara puncak,” ujar Virta Herfianti selaku ketua panitia Gebyar Muslimah.

Ia memaparkan beberapa rangkaian acara sebelum dilaksanakannya acara puncak. Diantaranya meliputi berbagai perlombaan yakni lomba nasyid (menyanyikan lagu islami), fashion show (peragaan busana muslimah), akhwat tangguh (tarik tambang, balap karung). Kemudian diikuti lomba artikel dan video.

Sebagai penutup acara (puncak acara), Gebyar Muslimah 2019 mengadakan talkshow inspiratif dari tiga narasumber yang masing-masing memiliki tema berbeda sesuai kiprahnya masing-masing.

Narasumber pertama diisi oleh Farah Qoonita, penulis buku ‘Seni Tinggal di Bumi’ sekaligus founder Teh Jasmine yang membawakan tema materi ‘being a wonderful muslimah’. Dilanjut dengan Riana Widiyawati, seorang aktivis komunitas peduli anak dan komunitas perempuan berdaya.

Selanjutnya adalah founder Anak Petani Cerdas sekaligus founder AgroEdu Jampang Community yang juga menjadi salah satu pemuda inspirasi se-Asia versi Majalah bisnis bergengsi Forbes, yakni Heni Sri Sundani dengan membawakan tema ‘The Miracle of Muslimah’.

Dengan diadakannya rangkaian Gebyar Muslimah tersebut, diharapkan mampu memberikan manfaat serta semangat perubahan bagi muslimah agar menjadi lebih baik, produktif dan inspiratif.

“Dan juga semoga setelah ini peserta tidak pulang dengan tangan kosong, tapi mendapatkan pelajaran dari materi yang telah disampaikan. Jadi bisa lebih paham bagaimana menjadi muslimah yang modern, yang produktif itu dengan tetap memerhatikan batasan agama,” pungkas Virta.

Reporter: Fathia Editor: Munir Abdillah

Tags: