Sabtu, 4 Februari 2023
14 Rajab 1444 H
Home / Keuangan / Jelang Idul Adha, BPR Syariah Patriot Siap Salurkan Kurban
Foto: Dok. Jualansapi.com
Berbagai BPR Syariah sudah menyiapkan berbagai program untuk sambut Idul Adha.

Berbagai BPR Syariah sudah menyiapkan berbagai program untuk sambut Idul Adha.

Sharianews.com. Jelang Hari Raya Idul Adha, banyak Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Syariah membuat serangkaian program pembiayaan, tabungan, dan kegiatan sosial.

Hal ini diakui Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Bank Syariah Indonesia, Kompartemen BPR Syariah, Syahril T. Alam. Menurutnya, Idul Adha menjadi salah satu momen bagi banyak BPR Syariah untuk mengadakan suatu program khusus, seperti kurban.

“Salah satunya, program pembiayaan hewan kurban. Pembiayaan ini untuk para pengusaha yang ingin berjualan hewan kurban,” jelasnya di Bogor (14/7). 

Cara kerjanya, tambah Syahril, BPR Syariah membiayai masyarakat yang ingin berjualan kambing atau sapi. Mereka adalah pengusaha yang tergolong temporer.

Selain itu, lanjut Syahril, ada juga BPR Syariah yang membuka program tabungan kurban. Para nasabah di suatu BPR Syariah menabung dengan jumlah tertentu sampai Hari Raya Idul Adha. Tabungan itu kemudian akan dibelikan hewan kurban sesuai jumlah nominalnya.

“Ketika mendekati lebaran (Idul Adha) uang di tabungan itu sudah mencukupi, baik untuk membeli kambing atau sapi yang digunakan untuk berkurban,” ujarnya.  

Salurkan Kurban dengan CSR

Direktur Utama BPR Syariah Patriot ini mengakui, kegiatan sosial yang paling banyak dilakukan BPR Syariah. Yaitu, dengan membagi-bagikan hewan kurban ke mereka yang membutuhkan dengan menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). 

BPR Syariah Patriot yang dipimpin Syahril juga tidak ketinggalan melakukan proram sosial kurban. Syahril menjelaskan bahwa dalam menyalurkan hewan kurban ke suatu tempat ada beberapa pertimbangan tertentu. Salah satunya kondisi masyarakat.

Saat ini, BPR Syariah Patriot, sudah menyiapkan beberapa kambing untuk disalurkan ke berbagai tempat. 

“Beberapa kambing akan kami tempatkan di mushalla atau tempat-tempat yang kondisi ekonomi masyarakatnya kurang bagus. Itu sasaran penyebaran hewan kurban kami,” pungkas Syahril.  

BPR Syariah Patriot memiliki satu kantor pusat dan delapan kantor kas. Kantor pusat terletak di Ruko Sentral Niaga Kalimalang Blok C1 No. 3, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan.

Tujuh Produk Unggulan

Setidaknya ada beberapa produk utama yang menjadi fokus BPR Syariah Patriot. Pertama, Deposit iB Syariah. Investasi untuk individu maupun perusahaan dalam bentuk deposito yang sesuai dengan prinsip Syariah Islam.

Kedua, Tabungan Syariah yang mencakup tabungan pendidikan, tabungan berjangka Bekasi (Takasi), Tabungan Wa’diah Umat (Tawadu), Tabungan Mudharabah (Tabah), dan tabungan haji (Tajir).

Ketiga, Pembiayaan Syariah. Di antaranya, pembiayaan Muharabah, Mudharabah, Musyarakah, Ijarah, Qordhul Hasan, Multijasa, dan Rahn.

Murabahah adalah pembiayaan dengan prinsip jual-beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati. Adapun Mudharabah adalah pembiayaan dengan prinsip bagi hasil yang sesuai dengan kesepakatan.

Musyarakah, yakni pembiayaan dengan prinsip bagi hasil yang porsinya disesuaikan dengan porsi penyertaan. Ini cocok untuk Anda yang telah memiliki usaha dan ingin mengembangkannya lebih lanjut. Lalu, Ijarah adalah pembiayaan dengan prinsip sewa atau sewa beli.

Multijasa, pembiayaan dengan menggunakan akad ijarah/akad kafalah, di mana bank memperoleh imbalan jasa (ujrah) atau fee. Besarnya ujrah atau fee disepakati di awal.

Qordhul hasan, pembiayaan kebajikan dengan prinsip pinjam-meminjam tanpa ada tambahannya. Pembiayaan ini diperuntukkan bagi kaum dhuafa yang mempunyai usaha dan akan mengembangkannya. Terakhir, pembiayaan Rahn atau gadai emas atau logam mulia sesuai syariah. (*)

Reporter: Aldi Nurrahman. 

Editor: A.Rifki