Sabtu, 20 Juli 2019
18 Thu al-Qa‘dah 1440 H
Home / Ekbis / Jawaban DSN MUI tentang Bank Syariah Mengandung Riba
FOTO I Dok. southeastradio.ie
Sebagian masyarakat berpendapat bahwa bank syariah juga mengandung riba.

Sharianews.com, Jakarta ~ Saat ini, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa bank syariah dalam menjalankan operasional bisnisnya sama dengan bank konvensional. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa bank syariah juga mengandung riba.

"Bank syariah itu ada aturan dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), selama ini aturan yang dibikin oleh DSN, OJK, BI, itu sesuai dengan apa yang dinginkan dalam fatwa-fatwa DSN," ujar Bukhori Muslim, anggota DSN MUI di acara seminar rumah sakit Islam belum lama ini.

“Kita ini sudah Muslim dan apakah kita sudah menjalankan semua syariat Allah Swt? Apakah kita menjadi kafir? Kan, tidak juga, sehingga dengan adanya bank syariah kita pakai kaidahnya begini, kita tidak bisa menjadi orang Islam, ya, jangan meninggalkan sebagiannya minimal sudah ada standarnya," sambung Bukhori.

Lebih lanjut dikatakan Bukhori, yang paling penting dalam bank syariah adalah besaran margin jangan dikaitkan dengan besaran keuntungan atau riba. Sebab, riba atau interest sangatlah berbeda dengan margin atau bagi hasil pada bank syariah dan bank konvensional.

"Bank syariah tidak ada interest (bunga), adanya bagi hasil, kalau akadnya mudharabah musyarakah," imbuhnya.

Terkait margin, ia menganalogikan misalnya seorang ibu datang ke bank syariah atau bank konvensional, sama-sama mendapatkan uang. Namun, akadnya berbeda. Sama halnya dengan orang menikah dan kumpul kebo.

"Sama-sama hubungan, akadnya beda, hasilnya beda," tutup Bukhori. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo