Sabtu, 21 September 2019
22 Muḥarram 1441 H
Home / Lifestyle / Islamophobia Menurut Influencer Cantik Sherly Annavita
Sherly Annavita, influencer asal Aceh yang juga pengamat sosial ini dan sempat tinggal di Australia ini mengatakan Islamophobia di Indonesia seperti hantu bagi umat Islam.

Sharianews.com, Keberagaman sudut pandang umat Islam Indonesia merupakan sebuah kelaziman. Banyak di antara umat Muslim yang masih mengedepankan perbedaan pendapat pribadi dibandingkan toleransi pada keberagaman. Hal tersebut bisa memicu islamophobia di negara mayoritas Muslim ini.

Sherly Annavita, influencer asal Aceh yang juga pengamat sosial ini dan sempat tinggal di Australia ini mengatakan Islamophobia di Indonesia seperti hantu bagi umat Islam.

“Mengetahui hal ini, rasanya islamophobia di Indonesia seperti hantu yang menggentayangi umat Islam itu sendiri. Ibarat dua singa yang semestinya bisa saling membantu, bukan singa yang dibangunkan. Bisa jadi orang Islam itulah yang ikut menerkam Islam sendiri,” ujar Sherly beberapa waktu lalu saat ditemui di kawasan Jakarta.

Menurutnya, Indonesia memiliki warna yang sangat beragam. Di mana keberagaman tersebut dapat menjadi sebuah anugerah, tetapi bisa menjadi sebaliknya jika tidak disikapi dengan bijak.  

“Sherly pikir yang awalnya adalah singa jinak yang tak terlihat, menjadi singa yang mulai bangun dan mengaung. Sehingga mengaungnya pun ke umat Islam sendiri,” lanjut pemenang Second Winner I’m President ini.

Islamopobhia di Indonesia yang merupakan sebuah ketakutan atau prasangka buruk terhadap agama Islam, ternyata banyak memengaruhi gaya hidup umat Islam sendiri, pada muslimah khususnya.

Sebagai contoh, saat ini tidak sedikit muslimah yang enggan menjalankan perintah agamanya sendiri dengan mengenakan hijab. Dengan dalih memandang perintah agamanya bertolak pada gaya hidup modern yang bukan berasal dari Islam.

“Tapi untuk menyebut Islamophobia di Indonesia, ada baiknya membandingkan dengan negara lain,” pungkas dia. (*)

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo