Senin, 17 Juni 2019
14 Shawwal 1440 H
Home / Lifestyle / Inspirasi Kuliner Khas Lebaran dari Empat Negara
FOTO I Dok. Whisk Affair
Dalam khazanah nusantara, Indonesia juga memiliki ragam tradisi kuliner yang tersaji saat hari raya, misalnya ketupat sayur.

Sharianews.com, Sebagai negara yang kaya akan tradisi dan budaya, Indonesia tidak hanya menjadikan mudik sebagai tradisi tahunan menjelang hari raya.

Dalam khazanah nusantara, Indonesia juga memiliki ragam tradisi kuliner yang tersaji saat hari raya, misalnya ketupat sayur.

Tidak hanya di Indonesia, Idulfitri juga dirayakan di berbagai negara. Ragam tradisi kuliner dari berbagai negara berikut ini, bisa menjadi inspirasi dan alternatif pilihan saat merayakan momen Lebaran bersama keluarga.

Hyderabad Haleem dari India

Hyderabad Haleem merupakan makanan khas yang dihidangkan saat Lebaran di India. Jneis makanan ini memiliki kekayaan rasa dari rempah-rempah yang beragam.

Hyderabadi Haleem menggunakan beberapa bumbu tradisional seperti, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya.

Sedangkan bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum, ketiga bahan utama ini ditumbuk hingga menjadi butiran halus.

Sheer Kurma dari Pakistan

Negara Pakistan memiliki makanan khas yang dihidangkan saat lebaran, yaitu Sheer Kurma.

Tradisi berkumpul keluarga di meja makan dengan hidangan gurih dan manis merupakan ritual yang tidak pernah terlewatkan bagi keluarga Muslim di Pakistan.

Sheer Kurma merupakan makanan penutup yang terbuat dari susu manis dan bihun. Sebelumnya, bihun digoreng menggunakan ghee atau mentega, kemudian ditambahkan susu dalam sebuah panci tembikar berukuran besar.

Ketika mulai mengental, ditambahkan gula dan bumbu lainnya seperti kapulaga, kurma, kacang pistacio atau almond. Aromanya yang khas menjadikan makanan ini sebagai menu wajib orang-orang Muslim Pakistan saat perayaan Idulfitri.

Sa Nwin Ma Kin, Myanmar

Myanmar juga memiliki makanan khas waktu Lebaran. Sa Nwin Ma Kin yaitu kue atau puding yang diolah dari semolina atau butiran gandum.

Penganan ini dipadukan dengan Danbauk Htamin, semacam nasi biryani yang disajikan dengan irisan mangga, daun mint, dan cabe hijau.

Qatayef dari Yordania

Di Yordania, salah satu makanan khas saat Lebaran bernama Qatayef. Qatayef merupakan makanan sejenis pancake atau serabi dengan aroma kayu manis yang diisi kacang-kacangan dan gula. Untuk menambah kelezatannya, Qatayef biasanya ditambah sirup panas maupun madu. (*)

 

Reporter: Fathia Rahma Editor: Achi Hartoyo