Selasa, 20 Agustus 2019
19 Thu al-Hijjah 1440 H
Home / Haji umrah / Ini Tips Bugar dan Sehat Dalam Menjalankan Ibadah Haji
FOTO I dok. Aljazeera.com
Kegiatan haji perlu didukung oleh kesehatan yang prima agar khusuk.

Sharianews.com, JakartaMenunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan bagi kaum Muslim yang mampu secara material, fisik, maupun keilmuan dengan berkunjung ke beberapa tempat di Arab Saudi dan melaksanakan beberapa kegiatan pada satu waktu yang telah ditentukan yaitu pada bulan Zulhijah.

Secara estimologi (bahasa), Haji berarti niat (Al Qasdu), sedangkan menurut syara` berarti Niat menuju Baitul Haram dengan amal-amal yang khusus. Tempat-tempat tertentu yang dimaksud dalam definisi diatas adalah selain Ka`bah dan Mas`a (tempat sa`i), juga Padang Arafah (tempat wukuf), Muzdalifah (tempat mabit), dan Mina (tempat melontar jumroh).

Akan tetapi, semua kegiatan ibadah tersebut perlu juga didukung oleh kesehatan yang prima dari jemaahnya agar dapat menjalani dengan khusuk dan lancar.

Ada beberapa tips yang diberikan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof, Dr. dr. Fahrial Syam agar bugar dan sehat dalam menjalani ibadah haji.

"Pertama, kurangi aktifitas di udara terbuka, dan kedua, pastikan istirahat yang cukup satelah sampai di penginapan," ucapnya saat berbicara kepada sharianews, Selasa (17/7).

Ia melanjutkan dengan poin yang ketiga, banyak minum air putih dan hindari minuman berkafein atau soda.

"Pertahankan minimal 3-4 liter per hari," sambung Dr. Ari.

Keempat, makan makanan yang sehat dan seimbang dengan pola makan yang teratur.

Kelima, melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sebelum berangkat dan segera menghubungi petugas kesehatan apabila terjadi masalah dengan kesehatan.

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo