Minggu, 12 Juli 2020
22 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / Ini Negara yang Bisa Salurkan Pendanaan Pembangunan Islamic Investment Bank di Indonesia
Negara-negara di dunia bisa menjadi sumber pendaanaan potensial untuk mengoptimalkan pembangunan bank khusus investasi syariah atau Islamic Investment Bank (IIB) di Indonesia.

Sharianews.com, Jakarta - Negara-negara di dunia bisa menjadi sumber pendaanaan potensial untuk mengoptimalkan pembangunan bank khusus investasi syariah atau Islamic Investment Bank (IIB) di Indonesia.

Terkait hal itu, Portfolio Manager, Public-Private Partnership Islamic Development Bank (IDB) Muhammad Imaduddin memaparkan sumber pendanaan bisa melalui beberapa investor dari Timur Tengah, negara-negara Organiasi Kerja Sama Islam (OKI) yang memiliki fokus untuk mengembangkan IIB, serta dari beberapa investor umum.

“Namun demikian di tengah pandemi Covid-19, memang saat ini kecenderungan para investor berada dalam tahap ‘wait and see’ selama 1-2 tahun kedepan sampai dengan keadaan pulih dari sisi kesehatan dan ekonomi,” ujarnya, saat dihubungi Sharianews.com.

Lebih lanjut, Imaduddin menjelaskan peran IDB dalam pembentukan IIB di Indonesia. Ia menyampaikan saat ini selain berfungsi sebagai capital fund provider, IDB kini lebih berfokus sebagai katalisator untuk mengajak investor lain melalui konsep resource mobilization untuk mengembangkan negara-negara anggota termasuk Indonesia, termasuk dalam pengembangan lembaga keuangan syariah.

“Namun demikian, dalam waktu dekat ini, IDB lebih berfokus pada program komprehensif bagi negara-negara anggota termasuk Indonesia untuk membantu penanganan pandemi Covid-19,” tambah Imaduddin.

Sebagaimana diketahui, rencana pembangunan IIB di Indonesia diiniasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Rep. Aldiansyah Nurrahman