Minggu, 26 Mei 2019
22 Ramadan 1440 H
Home / Ziswaf / Ini Kata Ilham Habibie Mengenai Zakat dan SDGs
FOTO / Dok.romy.sharianews.com
"Program SDGs salah satunya adalah No Poverty dan zakat sangat amat bisa digunakan untuk hal tersebut," ujar Ilham di sela pertemuan CEO Forum ICC.

Sharianews.com, Jakarta. Ketua Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) Ilham Akbar Habibie mengatakan, hubungan antara zakat dengan program Sustainable Development Goals (SDGs) sangatlah relevan.

"Program SDGs salah satunya adalah No Poverty dan zakat sangat amat bisa digunakan untuk hal tersebut," ujar Ilham di sela pertemuan CEO Forum ICC, Shangri-la Hotel, Jakarta, Selasa (12/3).

Ketum periode 2018-2023 ini menjelaskan bahwasanya zakat termasuk seperti program Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain itu, zakat juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung program SDGs lainnya, Karena menurut Ilham, zakat secara prinsip diberikan kepada yang membutuhkan.

"Jadi modal yang bisa diberikan bukan seperti membuat bioskop, atau entertain lain, tapi untuk membantu orang yang memerlukan bantuan," imbuh Ilham.

Komisaris bank Muamalat ini juga menjelaskan bahwasanya hubungan zakat dengan sumber yang terkait dengan SDGs itu tidak semuanya relevan, melainkan hanya sebagian.

Ilham juga mengungkapkan, “Jika ada anak dengan kematian dini ataupun kesehatan ibu hamil kalau kita bisa membantu itu dengan zakat, saya kira hal itu menjawab kebutuhan kemanusiaan secara universal,” demikian kata Ilham.

Perlu diketahui, ICC adalah organisasi bisnis terbesar di dunia, yang akan menyelenggarakan Forum CEO Asia Pasilik yang ke-5 di Jakarta pada tanggal 12 Maret 2019.

Acara ini akan mempertemukan para CEO dan pejabat senior pemerintah untuk membahas keterkaitan antara perubahan iklim dan perdagangan.

Forum ini sekaligus akan membicarakan bagaimana bisnis di kawasan Asia Pasifik dapat mencapai Sasaran-sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang merupakan Agenda PBB tahun 2030 untuk manusia, planet, dan kemakmuran.

"Forum CEO ICC adalah kesempatan unik. yang mempertemukan para pemimpin Asia Pasifik untuk membahas masa depan peluang bisnis, investasi dan perdagangan yang akan dipengaruhi oleh isu-isu yang bersifat global," kata Sekretaris Ienderal ICC John W.H. Denton A0. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo