Minggu, 17 Oktober 2021
11 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Haji umrah / Ini Alasan Utama Orang Enggan Berangkat Haji
Panggilan untuk menunaikan ibadah haji sudah lama diberikan yaitu pada saat zaman Nabi Ibrahim

Sharianews.com, Jakarta - Ibadah haji merupakan salah satu syarat kesempurnaan ibadah dalam Islam. Namun menunaikan ibadah haji bukan perkara mudah bagi sebagian masyarakat.

Pemimbing Ibadah Haji Sahid Tour Ali Nurdin mengungkapkan alasan utama masyarakat belum menunaikan ibadah haji itu adalah bukan karena belum mampu tapi karena belum ada panggilan.

“Sebenarnya bukan persoalan kemampuan tapi tidak mempunyai kemauan,” imbuh Ustaz Ali, dalam webinar yang diselenggarakan BNI Syariah dengan tema “Kalau Bisa Lebih Cepat Berhaji Kenapa Harus Menunggu Lama?”  di Kantor Pusat BNI Syariah, Jakarta, Selasa, (15/12).

Padahal, menurutnya, panggilan untuk menunaikan ibadah haji sudah lama diberikan yaitu pada saat zaman Nabi Ibrahim. Sehingga alasan yang dipakai tidak ada panggilan sebenarnya kurang tepat.

Ia menjelaskan dengan niat yang kuat ikhlas dan sungguh-sungguh, jika manusia sudah mempunyai kemauan untuk berangkat haji, Allah akan memudahkan dengan bekal yang paling utama yaitu takwa. “Ibadah haji merupakan puncak dari ibadah dalam Islam,” katanya.

Kondisi saat ini, masa antrian ibadah haji di Indonesia cukup lama, yaitu antara 11 - 39 tahun dan mayoritas jemaah haji Indonesia didominasi oleh masyarakat berusia 50-70 tahun. Untuk memperpendek masa tunggu ibadah haji masyarakat bisa memilih opsi haji khusus.

Masa tunggu haji khusus rata-rata adalah lima sampai delapan tahun dengan biaya rata-rata 12 ribu dolar AS. Sebagai persiapan dana haji khusus, nasabah bisa membuka Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah USD untuk setoran awal haji khusus dan pelunasan haji khusus.

Pemimpin Divisi Haji & Umroh BNI Syariah, Endang Rosawati berharap yang mengikuti acara webinar kali ini dapat merencanakan dan mengelola keuangan secara tepat sehingga bisa membantu keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji.

“BNI Syariah menyediakan layanan persiapan haji melalui Tabungan BNI Baitullah iB Hasanah dan layanan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) serta mitra PIHK yang menyediakan haji khusus,” tandas Endang.

Rep. Aldiansyah Nurrahman