Rabu, 20 Januari 2021
07 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / For Beginners / Ingin Urus Sertifikasi Halal, Ini yang Harus Disiapkan
Foto dok. Pexels
Tidak jarang UMKM tidak tahu apa yang harus disiapkan untuk mendapat sertifikasi halal.

Sharianews.com, Jakarta - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sedang didorong untuk membuat sertifikasi halal. Namun, tidak jarang UMKM tidak tahu apa yang harus disiapkan untuk mendapat sertifikasi halal.

Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Muti Arintawati menjelaskan persiapan yang harus dilakukan pelaku UMKM untuk mendapat sertifkasi halal, yakni UMKM harus mengetahui akses informasi terkait halal. Dengan begitu, pelaku usaha memiliki gambaran yang cukup lengkap bagaiaman melakuakn produksi halal dan bagaiamana menjalani proses sertifikasi halal.

Persiapan selanjutnya adalah memahami persyaratan halal. Ia mengingatkan jangan sampai pelaku usaha tidak paham betul persyaratan halal, tapi kemudian mendaftar setifikasi halal, karena ini bisa membuat proses menjadi macet. Kejadian ini banyak menimpa UMKM yang ingin mengurus sertifikasi halal.

“Persiapan yang lain, yaitu menyiapkan bahan halal, menyiapakan fasilitas produk halal, menyiapkan sistem jaminan halal, serta biaya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, ada tiga tahapan sertifikasi halal, yakni perisapan sertifikasi halal, proses sertifikasi halal, hingga pasca sertifikasi halal.

“Persiapan sertifikasi halal jadi poin yang sangat penitng, karena ini kunci keberhasilan untuk ke tahap selanjutnya. Kalau persiapan sertifikasi halal gagal atau tidak cukup, maka proses sertifkasi halal bisa jadi sulit dan lama,” ujarnya.

Tapi, jika persiapan sertifikasi halal lancar, maka proses sertifikasi halal jadi lancar. Begitu pun proses pasca sertifikasi halal jadi jelas. Pelaku usaha juga bisa tahu dengan pasti apa yang harus dilakukan.

Rep. Aldiansyah Nurrahman