Minggu, 5 Juli 2020
15 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / Industri Halal dan Adopsi Teknologi, Cara OJK Kembangkan Ekonomi
FOTO I Dok. arsianews.com
OJK akan melakukan sinergi tersebut untuk memfasilitasi pengembangan industri halal.

Sharianews.com, JakartaOtoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan akan menggandeng banyak pihak untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di daerah. Salah satunya melalui industri halal dan teknologi yang menhadi kunci pengembangannya.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, OJK akan melakukan sinergi tersebut untuk memfasilitasi pengembangan industri halal. Misalnya, makanan halal, wisata halal, fesyen halal, dan kosmetik halal.

Selain itu, OJK juga akan mewujudkan lembaga keuangan syariah yang kompetitif dan efisien dengan cara mengadopsi teknologi.

“Selain itu, kami juga akan berupaya mewujudkan lembaga keuangan syariah yang kompetitif dan efisien di antaranya melakukan peningkatan skala usaha dan adopsi teknologi,” jelasnya menegaskan dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020, di di Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Kamis (16/1).

Di kesempatan yang sama, Wimboh juga menjelaskan OJK telah meyiapkan lima kebijakan strategis OJK 2020. Antara lain terkait peningkatan skala ekonomi industri keuangan, mempersempit regulatory dan supervisory gap antarsektor jasa keuangan, digitalisasi produk dan layanan keuangan serta pemanfaatan teknologi dalam mendukung kepatuhan regulasi.

Srategi tersebut termasuk percepatan penyediaan akses keuangan masyarakat serta penerapan market conduct dan perlindungan konsumen yang lebih baik dan pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah.

Wimboh mengatakan, kebijakan strategis 2020 itu merupakan turunan dari Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) periode 2020-2024. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo