Minggu, 20 Oktober 2019
21 Ṣafar 1441 H
Home / Keuangan / Indonesia Surganya Fintech
FOTO I Dok. fintekmedia.id
Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang mencapai 260 juta jiwa, dan merupakan negara kepulauan.

Sharianews.com, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyampaikan, Indonesia merupakan surganya untuk mengoptimalkan kehadiran financial technology (fintech).

Pasalnya, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang mencapai 260 juta jiwa, dan merupakan negara kepulauan. Berkaca dari hal tersebut, fintech mempunyai peluang yang besar untuk tumbuh karena tidak semua penyedia jasa keuangan bisa menyentuh seluruh wilayah.

“Selain itu, Indonesia adalah negara dengan pengguna internet yang cukup besar di dunia dan Indonesia adalah salah satu negara yang pertama mengeluarkan guidance principal fintech,” jelas Wimboh, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (17/7).

Wimboh mengaku kerap menjelaskan kepada dunia internasional bahwa fintech sangat cocok untuk Indonesia. Di antara negara ASEAN dan G-20, Indonesia termasuk negara yang paling agresif dan proaktif terkait fintech.

Berdasarkan survei penetrasi dan perilaku pengguna internet Indonesia 2018, APJII ada sebanyak 150 juta pengguna internet di Indonesia atau setara 56 persen dari 262 juta penduduk Indonesia.

Selain itu 49,52 persen pengguna internet berusia 19-34 tahun dan 177,9 jutanya pengguna smartphone.

Kemudian sebanyak 74 juta merupakan golongam middle class di Indonesia akan menikmati bonus demografi tahun 2030. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: