Rabu, 27 Oktober 2021
21 Rabi‘ al-awwal 1443 H
Home / Ekbis / Indonesia Capai 100 Juta Vaksin, World Bank Berikan Pandangannya
Foto dok. Reuters
Dalam analisis World Bank, ada dua hal penting yang membantu Indonesia mencapai 100 juta vaksin. 

Sharianews.com,Jakarta - Indonesia berhasil menyuntikkan 100 juta vaksin Covid-19. Dengan begitu, Indonesia menjadi salah satu dari hanya 7 negara yang berhasil mencapai jumlah tersebut.

Atas pencapaian tersebut, Bank Dunia atau World Bank mengapresiasi kinerja Indonesia. Dalam analisis World Bank, ada dua hal penting yang membantu Indonesia mencapai 100 juta vaksin. 

Pertama, tindakan tepat waktu dan tegas. Pentingnya vaksinasi tepat waktu dan bekerja cepat untuk mendapatkan vaksin yang cukup untuk masyarakatnya setelah vaksin tersedia.

Kedua, pembiayaan yang adaptif, memadai dan fleksibel. Pemerintah Indonesia membuat komitmen yang signifikan untuk sektor kesehatan, pemulihan ekonomi, dan mitigasi dampak sosial.

Pernyataan positif World Bank itu, disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Adapun catatan positif lainnya, Indonesia juga menjadi salah satu negara pertama di dunia yang memberikan vaksinasi Covid-19 secara gratis kepada masyarakatnya. Tak hanya itu program vaksinasi diperluas untuk mencakup kelompok usia 12-17 tahun.

“Pemerintah Indonesia masih terus berupaya melakukan vaksinasi untuk masyarakat hingga kuartal pertama tahun 2022,” ujar Budi, melansir unggahan instagramnya, Rabu (22/09).

Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi semua masyarakat dalam upaya menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) untuk mencegah penularan.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: