Minggu, 7 Juni 2020
16 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Indeks Saham Syariah BEI Bersaing dengan Saham Syariah Global
FOTO I Dok. sharianews.com
Secara global, kinerja paling baik dicatatkan oleh Dow Jones Islamic Market Index.

Sharianews.com, Jakarta ~ Indeks utama saham syariah yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatakan kinerja yang baik, dibandingkan indeks saham syariah global. Hasil tersebut terhitung sejak peluncuran Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) di 2019 sampai dengan Februari 2019.

Hasan Fawzi, Direktur Pengembangan BEI mengatakan, jika dilihat benchmark kinerja dari sisi pergerakan harga saham-saham syariah, bisa dilihat misalnya dari dua indeks utama saham syariah yang ada di BEI, yaitu SSI dan Jakarta Islamic Index (JII) tercatat memiliki kinerja yang relatif sangat baik, dibandingkan indeks-indeks saham syariah secara global.

Secara global, kinerja paling baik dicatatkan oleh Dow Jones Islamic Market Index. Dow Jones bergerak paling tinggi dalam 8-9 tahun terakhir, dengan mencatatkan pertumbuhan sebesar 62 persen. Posisi kedua dan ketiga diisi oleh ISSI dan JII, baru kemudian indeks saham syariah lain di dunia.

“Berikutnya langsung adalah ISSI kita, yang bertumbuh 47 persen, lalu berikutnya JII yang tumbuh 28 persen. Nah, barulah kemudian indeks-indeks yang lainnya,” jelas Fawzi dalam acara Seremoni Kick Off Program Edukasi Pasar Modal Syariah dan IDX Islamic Challenge 2019 yang dilanjutkan dengan acara talkshow: Bincang Sore “Saatnya Hijrah ke Saham Syariah”, di Jakarta, Senin (18/3).

Dalam acara tersebut, Fawzi juga menyampaikan jumlah investor saham syariah dari tahun ke tahun, yang mencatatkan pertumbuhan signifikan dari investor syariah.

Hal tersebut disebabkan gencarnya sosialisasi, terutama oleh anggota bursa sistem online trading syariah.

“Kalau kita ukur sejak 2012, itu pertumbuhannya sangat impresif. Hampir tiap tahun tumbuh berlipat. Tahun lalu kita mencatat perumbuhan hampir dua kali, yakni 92 persen, dan tahun ini kita juga mencatatkan pertumbuhan yang masih signifikan,” tutup Fawzi. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo