Senin, 16 September 2019
17 Muḥarram 1441 H
Home / Haji umrah / Indeks Kepuasan Haji Sokong Peningkatan Kinerja Kemenag
FOTO I Dok. FoodNavigator-Asia.com
“Ini kali pertama setelah sembilan kali sejarah survei kepuasan yang dilakukan oleh BPS sejak tahun 2010,” lanjut Matsuki.

Sharianews.com, Jakarta. Capaian kinerja Kementerian Agama dalam empat tahun terakhir, sangat nampak dari penilaian masyarakat terhadap penyelenggaraan ibadah haji. Penilaian tersebut tercermin dalam Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS).

Tahun 2014, atau tahun pertama Menag Lukman Hakim Saifuddin menjadi Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji, IKJHI hasil survei BPS mencapai 81,52. Indeks kepuasan ini terus naik menjadi 82,67 (2015), 83,83 (2016), dan 84,85 (2017). Semuanya dalam kategori memuaskan.

“Puncaknya, survei BPS tentang Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia, mencapai 85,23 pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018 sehingga masuk kategori sangat memuaskan,” tutur Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki.

“Ini kali pertama setelah sembilan kali sejarah survei kepuasan yang dilakukan oleh BPS sejak tahun 2010,” lanjut Matsuki.

Mastuki menambahkan, keempat indikator ini menunjukkan bahwa proses reformasi birokrasi dan perbaikan kinerja di Kementerian Agama berjalan on the track dan berkesinambungan. Setiap menteri dalam periodenya memberikan andil masing-masing, agar membaiknya kinerja kementerian yang lahir pada 3 Januari 1946 ini.

“Reformasi birokrasi di Kemenag memang belum selesai. Masih ada beberapa bolong yang harus ditambal. Rumah bocor memang harus ditambal dan diperbaiki, tapi tak perlu diluluhlantakkan!” tandas Matsuki. (*)

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo