Kamis, 12 Desember 2019
15 Rabi‘ at-akhir 1441 H
Home / Ekbis / IHLC Teken MoU dengan Berbagai Lembaga Guna Memperluas Literasi Keuangan Syariah
FOTO I Dok. sharianews
Kerja sama dengan berbagai lembaga dalam maupun luar negeri diharapkan mampu meningkatkan literasi.

Sharianews.com, Jakarta ~ Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) menandatangani berbagai MoU guna mendukung inklusi keuangan syariah dan industri halal.

Dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019, IHLC bekerja sama dengan CIMB Niaga Syariah, Institut Pertanian Bogor, dan Responsible Financing Indonesia (RFI).

"Apa yang kita butuhkan dalam membantu UMKM dalam industri keuangan syariah, tentunya dari segi pembayarannya dan segala macem makanya kita bekerja sama dengan CIMB Niaga syariah, misalnya membantu untuk e-payment-nya dan mereka juga siap untuk mendanai UMKM yang sudah siap ekspor," ujar Sapta Nirwandar, chairman IHLC kepada Sharianews, Kamis (14/11).

Ditambahkan Sapta, literasi keuangan syariah di Indonesia memang masih sedikit. Kerja sama dengan berbagai lembaga dalam maupun luar negeri diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan syariah.

"Kita juga kerja sama dengan pihak luar, bayangkan saja yang ahli supply chain itu bukan dari kita, kebetulan dari Malaysia, kan sayang kalau seperti itu," sambung Sapta.

“Masyarakat menganggap bisnis halal, seperti apa, sih, yang pasti dia harus tahu pengetahuan yang paling basic tentang apa itu halal, impactnya seperti apa, dan bagaimana mengelola bisnis halal.” lanjut menurut mantan Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kabinet Indonesia Bersatu II ini.

"Karena di dalam bisnis itu kan ada promosi, distribusi, produksi, dan sebagainya, itu tidak gampang, jadi itu mengapa MoU kita buat," ujar Sapta.

Selain itu, IHLC juga baru saja melakukan prelaunch platform market place atau belanja daring (e-commerce) berkonsep halal yaitu etokohalal guna mendorong perluasan pasar bagi produk halal asal Indonesia. (*)

 

Reporter: Romy Syawal Editor: Achi Hartoyo