Minggu, 5 Juli 2020
15 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / IAEI Berharap BPKH Mampu Saingi Malaysia
"Setiap jemaah haji Indonesia harus menikmati layanan yang lebih baik dengan adanya sistem dana haji atau BPKH tersebut," ujar Bambang.

Sharianews.com, Jakarta ~ Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengutarakan harapannya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menjadi lembaga keuangan haji yang lebih besar dari Malaysia.

Ia menyarankan salah satu cara yang harus dilakukan adalah melalui instrumen investasi.

"Investasi yang dilakukan secara hati-hati. Tetap dengan prinsip syariah," jelas Bambang, saat acara Milad IAEI ke-15, di Jakarta, Rabu (6/3).

Namun yang paling penting, menurut pria yang juga menjabat sebagai Menteri Perencanaan dan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional itu, apapun yang dilakukan BPKH tujuannya adalah untuk kebaikan jemaah haji Indonesia.

"Setiap jemaah haji Indonesia harus menikmati layanan yang lebih baik dengan adanya sistem dana haji atau BPKH tersebut," ujar Bambang.

Bambang mengaku mendengar kondisi jemaah haji Malaysia mempunyai tempat penginapan yang lebih dekat kepada Masjidil Haram. Begitu juga dari segi pelayanannya Malaysia lebih baik.

Diharapkan, kondisi tersebut bisa dinikmati oleh jemaah Indonesia, bahkan bisa lebih baik. Misalnya, lokasi penginapan jemaah haji Indonesia, bisa lebih dekat dengan Masjidil Haram, begitu juga dengan fasilitas lainnya.

"Fasilitas transportasi, makanan, minuman, yang kita harapkan tentunya makin membuat jemaah haji Indonesia merasakan betapa besarnya peran dari pengelolaan dana haji saat penyelenggaraan haji, " tutur Bambang.

Bambang menerangkan lebih lanjut, IAEI turut berkontribusi terhadap pembentukan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Haji yang amanahnya berkaitan dengan pembentukan lembaga keuangan haji.

Di mana tugasnya adalah menjadi satu-satunya lembaga yang mengelola lembaga keuangan haji. Lembaga tersebut adalah BPKH.

"Dengan BPKH ini diharapkan pengelolaan lembaga haji lebih profesional dan memberikan manfaat lebih besar terutama jemaah haji, " pungkas Bambang. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo

Tags: