Jumat, 22 Maret 2019
16 Rajab 1440 H
x
Foto: Dok. Hotel Sofyan
Hotel halal punya lima kelebihan yang tak dimiliki hotel konvensional.

Hotel halal punya lima kelebihan yang tak dimiliki hotel konvensional.

Di Indonesia, banyak hotel halal yang menawarkan konsep sesuai syariah. Ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin lebih nyaman dan aman dalam menginap serta terjamin kehalalannya. Apalagi untuk liburan keluarga.

Kendati berkonsep syariah, bukan berarti hanya umat muslim yang boleh menginap. Tamu non-muslim juga dipersilakan untuk menginap. Dengan catatan, mereka juga mengikuti segala ketentuan hotel.

Sebagai sebuah bisnis bidang properti yang menyediakan hunian atau tempat menginap sementara, hotel halal memberikan pelayanan lebih dan sajian dengan standar syariah. Paling tidak ada lima kelebihan hotel halal dibanding konvensional.

Pertama, dalam soal hidangan. Semua makanan, minuman, dan restoran bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mulai dari dapur, bahan serta proses pembuatan hingga penyajiannya sesuai dengan yang digariskan syariah Islam. Tak menjual makanan dan minuman yang dilarang agama.

Kedua, terkait bersuci. Mulai dari wudhu, mandi hingga konsep kamar kecilnya. Selain kamar kecilnya bersih dan ketersediaan air yang cukup untuk bersuci, hotel halal juga menyediakan pancuran air (toilet shower) untuk wudhu atau bilas setelah buang air kecil atau besar, selain tisu.

Ketiga, memudahkan tamu hotel dalam beribadah. Di kamar, selain disediakan petunjuk arah kiblat, pihak hotel juga menyediakan sajadah, mukena, dan Al-Quran. Selain itu, pihak hotel juga menyediakan mushalla atau masjid bagi para tamu hotel yang ingin shalat berjamaah dan untuk shalat Jumat.

Keempat, berkaitan dengan hiburan atau fasilitas olahraga. Di hotel halal tidak diperkenankan hiburan yang dilarang syariah seperti bar atau dugem. Untuk fasilitas olahraga seperti kolam renang dan ruang kebugaran (gym) juga terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Kelima, seleksi tamu, khususnya tamu hotel yang membawa pasangan. Mereka yang ingin menginap di hotel halal akan diperiksa dengan seksama. Hanya pasangan yang sah atau mahram yang boleh menginap di hotel halal.

Dengan lima kelebihan hotel halal ini, liburan Anda bersama keluarga akan lebih nyaman dan aman. Tak hanya buat keluarga muslim, tapi juga yang non-Islam.

Belum Bersertifikat

Berdasarkan data dari Traveloka per-Mei 2018, ada sekitar 730 hotel syariah di Indonesia. Sekretaris Bidang Bisnis dan Ekonomi Syariah Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), M. Dawud Arif Khan menjelaskan, pariwisata halal mulai berkembang sejak 2000-an di Indonesia. Namun, tambahnya, hingga kini baru dua hotel di Jakarta dan Solo yang telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Selama ini konsep hotel syariah baru mengandalkan kesadaran dari tiap-tiap pelaku perhotelan. Boleh jadi, pada praktiknya sudah banyak hotel berprinsip syariah, tetapi belum bersertifikasi. Pengawasannya belum ada, padahal itu penting,” ujarnya (21/05).

Di antara hotel yang sudah bersertifikat adalah Hotel Sofyan. Hotel pertama yang mengantungi sertifikat halal sejak 2004 ini memiliki 17 hotel syariah yang tersebar di berbagai kota seperti Medan, Pandeglang, Palembang, Padang, Bandung, Bogor, dan Jakarta. (*dari berbagi sumber)

 

Penulis: A.Rifki