Senin, 28 September 2020
11 Ṣafar 1442 H
Home / Lifestyle / Hoaks ! Surat Mengatasnamkan MUI Tolak Rapid Test Covid-19
Foto dok. MUI
Telah beredar di masyarakat pesan berantai via aplikasi Whatsapp yang mengatas namakan Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat terkait Pemberitahuan Kewaspadaan terhadap Rapid Tes Covid-19 bagi para ulama, kiai, dan ustaz seluruh Indonesia.

Sharianews.com, Jakarta - Telah beredar di masyarakat pesan berantai via aplikasi Whatsapp yang mengatas namakan Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat terkait Pemberitahuan Kewaspadaan terhadap Rapid Tes Covid-19 bagi para ulama, kiai, dan ustaz seluruh Indonesia.

Menanggapi hal itu, Komisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI melakukan tabayun bahwa itu adalah pesan hoaks atau informasi bohong. Surat tersebut tidak sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Organisasi Majelis Ulama Indonesia (PO MUI) edisi Revisi 2018 sebagai berikut :

1. Kepala Surat, tidak sesuai dengan Pasal 4 PO MUI yang telah ditentukan, perlu diketahui Kepala Surat Resmi MUI adalah sebagai berikut

2. Struktur surat juga tidak sesuai dengan standar PO MUI pada Pasal 4 yang terdiri dari :

Kepala Surat,

Nomor, Lampiran, dan Hal Surat

Alamat dan Tujuan Surat

Isi Surat

Format margin surat

Pembukaan dan Penutup Surat

Nama dan Tanda Tangan

3. Setiap surat harus menyebut dengan jelas siapa pengirimnya, Penanggung jawab surat adalah Ketua Umum atau Ketua sebelah kiri dan Sekretaris Jenderal atau Sekretaris di sebelah kanan.

Rep. Aldiansyah Nurrahman