Minggu, 28 November 2021
23 Rabi‘ at-akhir 1443 H
Home / Lifestyle / Hijabers Mom Community, Wadah Ibu-Ibu Muda Mengembangkan Diri
FOTO | Dok. IG hijabmomcommunity
Mereka berasal dari beragam profesi, namun memiliki spirit yang sama; bagaimana mendakwahkan – menyebarkan pesan-pesan kebaikan dalam bingkai Islam yang rahmatan lil’alamin.

Sharianews.com, Jakarta. Perempuan memiliki potensi besar membuat perubahan di lingkungan masing-masing. Namun untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan usaha dan kerja keras. Inilah yang disadari oleh sekelompok ibu-ibu muda, berusia 25 tahunan. Mereka kemudian bergabung dan membentuk wadah atau komunitas, bernama Hijabers Mom Community (HMC).

Sesuai dengan namanya, mereka yang tergabung dalam komunitas ini adalah ibu-ibu muda hijabers, yang tidak ingin tinggal diam di rumah saja. Seperti muslimah lainnya, mereka merasakan gairah menyala untuk bisa berbagi dan mengubah lingkungan ke arah yang lebih baik.

Tentu di mulai dari lingkungan dan lingkup terkecil, yaitu keluarga, sahabat, dan komunitas bergaul di keseharian mereka. Sri Wahyuningsih, Public Relations HMC mengatakan, mereka yang tergabung dalam HMC adalah ibu-ibu muda atau mereka yang sudah menikah dan ingin tetap bisa aktif  berbagi tentang banyak hal.

Mereka juga berasal dari beragam profesi, namun memiliki spirit yang sama; bagaimana mendakwahkan – menyebarkan pesan-pesan kebaikan sesuai dengan keyakinan yang mereka anut.

“Jadi mereka ini adalah para muslimah, hijabers dari beragam profesi, yang membutuhkan wadah untuk bersilaturrahmi sambil menambah wawasan ilmu, dan mengasah kemampuan serta mengembangkan diri,”kata Sri Wahyuningsih.

Komunitas Mom Hijabers berdiri pada 2011. Didirikan oleh empat orang ibu muda. Mereka adalah Irna Mutiara, Monika Jufry, Hannie Hananto dan Najua Yanti.  Sebagai sesama hijabers, ke empat aktivis ini memiliki visi mulia, yaitu menciptakan wadah untuk bersilaturrahmi dan saling berbagi tentang kegiatan sosial kemasyarakatan serta meningkatkan ketakwaan di hadapan Sang Kholiq, Yang Maha Kuasa.

HMC, juga memiliki misi mulia menciptakan perubahan dengan mengajak setiap anggota dan individu untuk menjadi sebaik-baik manusia dan bisa memberi manfaat untuk orang lain.

Mengutamakan kebersamaan dan saling menghormati perbedaan pandangan dan mazdhab dalam agama, demi mewujudkan wajah Islam yang sejuk, toleran, dan rahmatan lil alamin.

Ribuan anggota dengan ragam kegiatan

Sri Wahuningsih menjelaskan, sejak berdiri hingga saat ini jumlah anggota HMC terus bertambah. Kurang lebih ada sekitar 7 ribu anggota yang tersebar di 35 kota dari seluruh Indonesia.

Sebagai ajang ekspresi dan pengembangan diri HMC sering menyelenggarakan kegiatan, baik sendiri maupun berkolaborasi dan bekerja sama dengan komunitas lain. Baik dengan mengajak masyarakat dari kalangan swasta maupun pemerintah di kabupaten atau kota madya setempat.

Beberapa kegiatan yang sudah dan akan terus dilakukan adalah pengajian rutin, kelas tahsin Alquran, kelas bahasa Arab, kelas janaiz, dan berbagai tema menarik seputar kewirausahaan.

“Tema-tema yang banyak dipilih oleh ibu-ibu muda di antaranya ialah workshop tentang kecantikan seperti mix and match fashion, hijab class, kelas menyulam, membatik, hingga cooking demo – kelas demo masak masakan  halal dan sehat,” kata Sri Wahyuningsih.

Kegiatan lain yang secara rutin diikuti adalah workshop dan pameran produk-produk UKm, baik di dalam maupun luar negeri. Kegiatan ini bertujuan mengangkat produk unggulan dari para perajin di daerah masing-masing anggota.

Ke depan HMC diharapkan dapat mewadahi kreativitas ibu-ibu muda dari kalangan hijaber agar lebih berdaya dan berguna di lingkungan masing-masing.

Dengan cara ini diharapkan setiap anggota bisa menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik. Berguna dan bermakna untuk Negara dan bangsanya sesuai dengan konsep Islam yang ramhatan lil’alamin.(*) 

Reporter: Linda Sarifatun Editor: Ahmad Kholil