Minggu, 24 Januari 2021
11 Jumada al-akhirah 1442 H
Home / Global / Halal SmartTrace, Upaya Dubai Lindungi Konsumen dari Pemalsuan Produk Halal
FOTO | Dok. sunshinehalalfood.com
Melalui aplikasi Halal SmartTrace ini, pengguna dapat melacak dan menelusuri produk-produk yang diindikasikan haram.

Sharianews.com, Jakarta. Untuk melindungi konsumen dari konsumsi yang haram, Dubai berinisiatif meluncurkan Halal SmartTrace. Melalui aplikasi Halal SmartTrace ini, pengguna dapat melacak dan menelusuri produk-produk yang diindikasikan haram.  Hal ini untuk mengantisipasi adanya kecenderungan berkembangnya produk dengan sertifikasi hala yang palsu.

Sistem ini dibentuk melalui kerja sama antara Emirates International Acreditation Centre (EIAC), Dubai Islamic Economy Development Centre (DIEDC) dan Dubai Municipality atau badan kotamadya dengan yurisdiksi pada layanan kota dan pembaharuan fasilitas di kota Dubai, serta perusahaan Swiss SICPA sebagai mitra teknologinya.

Halal SmartTrace hadir untuk merespon data statistik yang menunjukkan semakin banyaknya barang palsu yang beredar dan memiliki label halal secara global. Ini dikhawatirkan dapat mencampurkan antara produk halal yang belum disertifikasi secara legal, dengan produk halal sudah tersertifikasi secara resmi. Di sisi lain, konsumen tidak memiliki akses untuk mendapatkan informasi yang relevan terkait adanya kekeliruan dan penipuan.

Pusat Akreditasi Internasional Emirat (EIAC) kemudian berinisiatif mengambil peran dan memastikan bahwa sistem Halal SmartTrace® dapat terintegrasi langsung dengan standar akreditasi dan sertifikasi yang diakui secara internasional, khususnya dalam memastikan bahwa produk yang memiliki label Smart Halal memenuhi semua persyaratan yang terkait dengan tanda halal tersebut.

Dijelaskan, aplikasi digital ini ini berfungsi sebagai sistem pelacakan dan penelusuran, yang dirancang untuk memudahkan konsumen dan beberapa pihak berwenang  dalam mendeteksi barang palsu serta mengidentifikasi barang haram.

Meskipun fokus awal hanya pada penelusuran produk halal, baik itu makanan atau lainnya, pada akhirnya sistem ini juga dirancang dan diperluas penelusuran kategori produk lain guna mengurangi risiko potensi ketidaksesuaian spesifikasi produk halal dan untuk melindungi nilai ekonomi dari produk halal yang benar.

Selain itu, platform ini juga bisa memungkinkan konsumen nasional dan internasional bisa berinteraksi kepada pihak yang berwenang melalui smartphone mereka. Dapat juga berinteraksi melalui halaman web khusus, untuk melaporkan setiap anomali yang diamati kepada pihak berwenang lewat fungsi pelaporan, termasuk gambar produk yang mencurigakan serta lokasi geografis tertentu.

Halal SmartTrace® akan mengambil inspeksi keamanan makanan dan izin pabean ke tingkat berikutnya dan memberikan peluang pada konsumen untuk aktif berkontribusi pada proses pemeriksaan.

Memberi jaminan keaslian produk halal

Dengan sistem teknologi Smart track & trace SICPA atau yang dikenal dengan istilah SICPATRACE® konsumen akan memperoleh jaminan keaslian barang serta kesesuaiannya dengan standar sertifikasi dan akreditasi halal sebuah produk.

Label cerdas yang digunakan untuk fungsi pelacakan ini dapat diterapkan untuk berbagai macam produk seperti makanan kemasan, kosmetik, farmasi, produk susu atau suplemen makanan.

Sistem ini akan memberdayakan konsumen yang akan dapat memindai sendiri barang-barang dengan menggunakan Smart Phone mereka untuk mengonfirmasi asal dan informasi produk yang relevan, serta mendeteksi produk-produk potensial yang tidak bersertifikat. (*)

Reporter: Fathia Rahmad Editor: Ahmad Kholil