Kamis, 24 September 2020
07 Ṣafar 1442 H
Home / Ziswaf / Global Wakaf dan ACT Luncurkan Wakaf Modal Usaha Mikro di Jakarta Barat
Foto dok. ACT
Wakaf Modal Usaha Mikro adalah program bantuan berupa pinjaman modal usaha untuk para pelaku UMKM

Sharianews.com, Jakarta - Global Wakaf dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) berusaha hadir mengatasi persoalan para pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan petani yang terdampak Pandemi Covid 19 dengan mehadirkan program Wakaf Modal Usaha Mikro di Masjid Al-Marifah Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (11/09).

Sebelum di Jakarta Barat, Wakaf Modal Usaha Mikro telah diresmikan juga di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

Wakaf Modal Usaha Mikro adalah program bantuan berupa pinjaman modal usaha untuk para pelaku UMKM yang terdampak musibah pandemi atau mengalami kesulitan mendapatkan modal usaha dengan akad qardhul hasan disertai dengan edukasi motivasi hidup dan penguatan spiritual, character and capacity building, pendampingan usaha untuk meningkatan pendapatan dan menginisiasi kelembagaan keuangan agar terwujud  tatanan masyarakat rahmatan lil ‘alamin (madani).

Kehadiran Wakaf Modal Usaha Mikro sebagai solusi atas masalah kemiskinan umat khususnya untuk para pelaku UMKM yang mengalami kesulitan mendapatkan permodalan usaha, dengan kondisi ketidakmampuan dalam mengakses informasi terkait permodalan, belum bankable sehingga belum mampu mendapat fasilitas pembiayaan dari lembaga lain kecuali dari rentenir.

Andrey Alfiansyah Branch Manager ACT Jakarta Barat mengatakan tujuan umum dari program Wakaf Modal Usaha Mikro yaitu menjadi solusi atas masalah ekonomi bangsa saat ini akibat wabah pandemi Covid-19 yang sangat berpotensi menjadi resesi ekonomi dan berujung pada krisis sosial, membebaskan dan menyelamatkan umat dari jeratan rentenir dan sistem ribawi.

Selain itu, menjadi solusi pembiayaan usaha mikro bebas riba dengan pendampingan untuk terus meningkatkan spiritual dan kesejahteraan umat. sebagai upaya menjadikan usaha mikro sebagai pilar kekuatan ekonomi umat dengan penguatan modal usaha mikro.

“Ini merupakan bentuk upaya kami sebagai lebaga kemanusiaan untuk membantu umat, kondisi pandemi Covid-19 sudah memberikan dampak yang luar biasa sampai membuat perekonomian terpuruk, bagaiamana banyak usaha-usaha kecil yang sedang bejuang harus terjebak hutang kepada rentenir, untuk itu kita hadir memberikan program Wakaf Modal Usaha Mikro” jelasnya menegaskan.

Sementara itu, Wakil Camat Kecamatan Cengkareng Rano Rahmat Efendi menyampaikan program ini menjadi hal yang positif. Selama ini pinjaman dengan sistem riba, bahkan sampai ke rentenir yang bunganya berlipat-lipat.

“ACT ini ingin membawa kita ke ekonomi syariah menjahkan dari kebiasaan yang tidak berkah, dengan ini mengajak kaum muslim ke jalan yang benar, saya mewakili pemerintah mengucapkan banyak terimakasih atas program ini semoga berjalan lancar membawa keberkahan untuk semua” imbuh Rano.

Peluncuran di Masjid Al-Marifah Rawa Buaya dipilih karena masjid dinilai sebagai pusat aktivitas umat yang terus berjalan, sehingga tema dalam program ini yaitu “Masjid Bangkitkan Ekonomi Umat”.

Dalam acara ini dihadiri Wakil Camat Cengkareng Rano Rahmat Efendi, Lurah Rawa Buaya Syafwan Busti, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Cengkareng, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Marifah, RT RW setempat dan para tokoh masyarakat.

Rep. Aldiansyah Nurrahman