Jumat, 23 April 2021
12 Ramadan 1442 H
Home / Keuangan / Gerakan Ekonomi Umat, MUI Gelar Rakornas
Peran MUI bersama ormas-ormas Islam di Indonesia dalam tiga hal

Sharianews.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) se-Indonesia dengan tema Sinergi Gerakan Ekonomi Umat Menuju Kedaulatan Ekonomi Bangsa via virtual, Sabtu (03/04).

Makna dari tema itu, menurut Suaidy Mas’ud yang bertindak sebagai moderator adalah terkait peran MUI bersama ormas-ormas Islam di Indonesia dalam tiga hal.

Pertama, peran MUI sebagai himayatul ummah, yakni untuk melindungi umat dengan fatwa, sertifikasi halal, dan melindungi ekonomi umat.

Lalu, kedua adalah khidmatul ummah atau melayani umat. “Tentunya dalam hal ini KPEU MUI, peran ini bagaimana pemberdayaan ekonomi umat memberikan satu jalan bagi pemberdayaan ekonomi umat, menguatkan ekonomi umat, sehingga bisa mandiri” ujar Suaidy.

Ketiga atau terakhir adalah shodiqul hukumah, yaitu prihal perlunya bekerjasma dengan pemerintah, kementerian/kelembagaan, dan yang lainnya saling berkoordinasi dan berhubungan dengan baik.

“Dengan Rakornas ini, kita akan melakukan musyawarah, melakukan langkah-langkah strategis membangun ekonomi umat, yaitu membangun sinergi gerakan ekonomi umat yang tersebar di sana-sini, yang semuanya tentu adalah umat Islam. Oleh karena itu, kita ingin menuju bersama-sama kedaulatan ekonomi bangsa yang didukung oleh ekonomi umat,” jelas dia.

Bersama ini, Suaidy menambahkan, MUI ingin berkiprah membantu ekonomi umat. Di sisi lain, MUI berharap keadaan di dunia juga agar cepat pulih dari situasi pandemi Covid-19.

Rep. Aldiansyah Nurrahman

Tags: