Minggu, 7 Juni 2020
16 Shawwal 1441 H
Home / Keuangan / Gelar Olimpiade 2020, Jepang Incar Wisatawan Muslim
FOTO I Dok. objekwisata.com
Saat ini, ini Jepang sudah menyiapkan berbagai hal. Negeri Matahari tersebut sadar betapa besarnya peluang industri halal bagi masyarakat muslim yang datang ke sana.

Sharianews.com, Jakarta ~ Gaya hidup halal sudah menjadi tren global. Berbagai negara sedang berlomba-lomba mengambil peluang industri halal ini melihat ini sudah menjadi tren yang mendunia.

Kepala Sekretariat Satker Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Muhammad Cholifihani mencontohkan seperti apa yang dilakukan Jepang. Saat ini Jepang sedang mempersiapkan pagelaran Olimpiade pada 2020 dan menyadari betapa penting dan besarnya peluang masyarakat muslim yang nanti datang, sehingga keperluan akan gaya hidup halal harus dipersiapkan.

“Jepang itu sekarang sudah menyiapkan dengan luar biasa destinasi-destinasi halal bagi yang datang ke sana. Terutama untuk 2020 saat Olimpiade pada musim panas, sekitar Juli,” jelas pria yang juga menjabat Direktur Jasa Keuangan dan BUMN Bappenas ini, di Jakarta.

Saat ini, ini Jepang sudah menyiapkan berbagai hal. Negeri Matahari tersebut sadar betapa besarnya peluang industri halal bagi masyarakat muslim yang datang ke sana. Untuk itu Jepang telah menyiapkan semuanya. Mulai dari makanan dan minuman halal, fesyen, obat-obatan kosmetik, hingga sarana ibadah.

Jepang sudah mempunyai teknologi dan sarana ibadah bagi umat muslim yakni portable mosque atau masjid portabel. Ini adalah masjid yang portable yang bisa di bawa kemana-mana, ke berbagai tempat.

“Cara kerjanya, masjid itu di bawa oleh truk yang disulap sedemikian rupa sehingga bisa terbuka menjadi seperti masjid atau mushola, ini luar biasa. Jadi tinggal bawa truknya saja, kemudian truknya di sulap bisa digunakan seperti mushola, seperti itu yang disiapkan Jepang,” tutur Cholifihani

Maka tidak heran Jepang menargetkan indsutri halal sebagai sumber utama penyumbang ekonomi Jepang pada 2020.

Visi merajai industri halal juga dimiliki negara lain, Korea Selatan memiliki visi menjadi tujuan pariwisata halal. Kemudian Uni Emitar Arab visinya menjadi pusat ekonomi Islam dunia.

Lalu dari Asia Tenggara ada Thailand. Negeri Gajah Putih ini ingin menjadi produsen makanan halal terbesar, visinya untuk menjadi dapur halal dunia. (*)

 

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Ahmad Kholil