Minggu, 5 Juli 2020
15 Thu al-Qa‘dah 1441 H
Home / Keuangan / Gelar Indonesia Wakaf 2019, Dompet Dhuafa Sasar Milenial
FOTO I Dok. Sharianews.
"Dompet Dhuafa memimpikan seandainya ada satu juta orang yang berwakaf Rp10 ribu saja setiap bulan, maka total dijumlahkan akan mencapai Rp10 miliar, " ungkap Said.

Sharianews.com, Jakarta ~ Dompet Dhuafa menyelenggarakan acara nasional Indonesia Wakaf Summit 2019, bertajuk Wakaf 4.0 Transformasi Wakaf Produktif di Era Digital: Mengoptimalkan Kapital Halal.

Pada acara yang diselenggarakan di Sari Pacific,  Jakarta ini,  Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Ismail A. Said mengatakan, bahwa dirinya bagian dari gerakan satu juta orang berwakaf. Terutama bagi kelompok milenial melalui media berbasis digital.

"Milenial erat kaitannya dengan digital, melalui penggunaan smartphone," jelas Said, pada saat sambutan acara tersebut di Jakarta, Selasa (5/3).

Gerakan satu juta pewakaf atau wakif ini merupakan lanjutan dari acara Indonesia Wakaf pertama, pada 14 Desember 2017 lalu.

"Dompet Dhuafa memimpikan seandainya ada satu juta orang yang berwakaf Rp10 ribu saja setiap bulan, maka total dijumlahkan akan mencapai Rp10 miliar, " ungkap Said.

Said mengungkapkan, dengan dana wakaf tersebut, milenial bisa membantu para dhuafa. Angka Rp10 ribu dinilai cocok dan bisa menjadi target bagi milenial.

Pada acara Indonesia Wakaf pertama lalu, Dompet Dhuafa juga menghimbau agar kelompok usia di atas milenial untuk menyisihkan harta.

"Jangan lupa untuk kita serahkan kepada nazir. Insyaallah amal jariahnya akan mengalir meskipun kita sudah tidak ada, " tutur Said.

Potensi Wakaf

Dalam acara tersebut, Dompet Dhuafa melihat besarnya potensi wakaf yang dimiliki Indonesia. Dengan alasan tersebut, Dompet Dhuafa menyelenggarakan gerakan satu juta wakaf.

Potensi wakaf tunai di Indonesia diperkirakan mencapai Rp180 triliun per tahun. Menurut data Badan Wakaf Indonesia (BWI), Indonesia telah merealisasikan sebanyak Rp400 miliar.  Untuk itu, Dompet Dhuafa menggelar Indonesia Wakaf Summit 2019 ini.

Event yang telah dilaksanakan kali kedua ini, menjadi simbol kolaborasi lembaga zakat dengan berbagai kalangan yang ada di Indonesia. Dengan demikian, dapat diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap wakaf yang mempunyai andil besar dalam menumbuhkan ekonomi halal yang berkesinambungan, terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat. (*)

Reporter: Aldiansyah Nurrahman Editor: Achi Hartoyo